Senin, 26 September 2022
30 Safar 1444

Jokowi: Pemindahan IKN Bukan Proyek Mercusuar

Sabtu, 26 Mar 2022 - 20:03 WIB
Jokowi: Pemindahan IKN Bukan Proyek Mercusuar
Foto: Dokumentasi Setneg

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pemindahan Ibu Kota Negara atau IKN bukan sebuah proyek mercusuar atau hanya sekedar ambisi darinya saja. Jokowi menilai pemindahan IKN merupakan cara untuk mewujudkan Indonesia sentris.

“Kita ingin Indonesia bukan Jawa sentris, tapi Indonesia sentris. Pemindahan Ibu Kota Negara bukan proyek mercusuar, bukan untuk gagah-gagahan,” kata Presiden dalam sambutannya pada Pelantikan dan Pengukuhan DPP PA GMNI Periode 2021-2026 yang dipantau secara virtual, Sabtu (26/3/2022).

Jokowi meminta seluruh anggota DPP Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPP PA GMNI) menekankan bahwa tanggung jawab untuk memajukan kemerdekaan dan menyejahterakan seluruh masyarakat Indonesia mencakup wilayah dari Sabang sampai Merauke, Miangas sampai Pulau Rote.

Presiden Jokowi mengajak seluruh kader GMNI untuk berani membuat terobosan dan tidak menggantungkan diri pada negara lain.

Baca juga
Jokowi Bidik 30 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital di 2024

Oleh sebab itu, katanya, pemerintah memulai pembangunan Ibu Kota Negara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 20 Maret 2022.

Jokowi menegaskan bahwa cita-cita untuk memindahkan IKN telah digagas oleh Presiden Ke-1 Republik Indonesia Soekarno, yang hendak memindahkan ibu kota ke Palangka Raya sejak 1957.

Menurut dia, proyek pemindahan IKN ke Kalimantan Timur merupakan perjuangan untuk mewujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat.

“Pulau Kalimantan adalah mutiara Indonesia berada di zamrud khatulistiwa. Transformasi besar yang kita lakukan bukan semata-mata pindah Ibu Kota Negara, kita harus menjadi ekonomi kuat dan mandiri,” kata Presiden.

Tinggalkan Komentar