Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Jokowi Peroleh Penghargaan Global Citizen Award 2022

Senin, 14 Nov 2022 - 01:03 WIB
Jokowi Penghargaan
(ist)

Presiden Joko Widodo mendapatkan penghargaan Global Citizen Award 2022 dari Atlantic Council. Penghargaan tersebut diberikan di sela-sela acara Global Food Security Forum, Bali, Minggu (13/11/2022) malam.

Dalam pidatonya usai menerima penghargaan itu, Presiden Jokowi menyebut keinginannya untuk terus memperjuangkan orang-orang yang berada di bawah.

“Kesulitan terbesar selalu dirasakan oleh mereka yang berada di bawah, oleh keluarga miskin, oleh negara yang berpenghasilan rendah,” ujar Jokowi.

“Oleh sebab itu, saya selalu berusaha keras untuk memperjuangkan kepentingan rakyat kecil dan juga menyuarakan kepentingan negara-negara berpenghasilan rendah di forum-forum,” imbuhnya.

Jokowi menyebut keinginan ini muncul karena dirinya seringkali bertemu masyarakat kecil di lingkungan mereka.

Baca juga
Jokowi: 2024 Momentum Politik Sangat Penting

“Indonesia mengajarkan nilai-nilai toleransi, perdamaian, persatuan, dan kerja sama. Sebagai pemimpin yang suka turun ke kampung, suka turun ke desa-desa, dan ke pasar-pasar tradisional, saya tahu karena rakyat kecil mengajarkan kesederhanaan dan kerentanan mereka terhadap tantangan-tantangan,” katanya.

Jokowi Penghargaan

Maka dari itu, Jokowi menekankan bahwa perlu adanya toleransi dan kerja sama untuk membangun dunia.

“Dunia tidak bisa dibangun dengan rivalitas dan keserakahan, tetapi harus dibangun dengan toleransi dan kerja sama yang saling menghormati, yang saling menguntungkan,” tuturnya.

Global Citizen Awards merupakan penghargaan yang diberikan Atlantic Council setiap tahun kepada individu yang telah memberikan kontribusi luar biasa dan khas untuk memperkuat hubungan transatlantik.

Baca juga
Didukung Jokowi, Anies: Sirkuit Formula E Sudah Selesai 100 Persen

Jokowi mengaku tidak menyangka dirinya dapat memenangkan penghargaan tersebut.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas penghargaan ini, Global Citizen Award dari Atlantic Council. Saya tidak pernah menyangka sebelumnya bahwa saya akan menerima penghargaan ini,” katanya.

“Selama ini yang saya lakukan adalah melakukan yang terbaik, saya bekerja dan melakukan yang terbaik dengan penuh tanggung jawab untuk mendukung nilai-nilai kemanusiaan,” lanjut dia.

Jokowi mengatakan penghargaan yang didapatkannya ini akan semakin memotivasi dirinya dan pemerintah Indonesia untuk menjalankan tanggung jawab besar menjadi bagian dari solusi dunia.

Tinggalkan Komentar