Kamis, 02 Februari 2023
11 Rajab 1444

Jokowi Pimpin HUT TNI di Istana, Rakyat Saksikan dari Luar

Rabu, 05 Okt 2022 - 12:34 WIB
Photocollage 20221005 075350686 - inilah.com
Sejumlah warga berkumpul untuk menyaksikan upacara HUT Ke-77 TNI di area trotoar seberang Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10/2022). (Foto: Antara)

Presiden Jokowi memimpin upacara perayaan HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka, Rabu (5/10/2022). Upacara turut dihadiri Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Sementara rakyat antusias menyaksikan HUT TNI dari seberang Istana.

Upacara dimulai sekitar pukul 07.00 dan Presiden Jokowi selaku inspektur naik ke mimbar kehormatan sekitar pukul 07.58 WIB. Presiden Jokowi masuk ke lokasi upacara didampingi oleh istri Iriana Joko Widodo dan juga Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan istri Wury Ma’ruf Amin. Kemudian upacara dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

“Saya ke sini karena memang suka TNI. Ada juga beberapa warga yang datang karena kerabatnya anggota TNI ikut upacara di sini,” ujar salah seorang warga, Lina ketika ditemui di seberang Istana Merdeka.

Baca juga
Siap Bantu Polri, TNI Bakal Kawal Objektivitas Autopsi Ulang Brigadir J

Sejumlah warga berkumpul di area trotoar seberang Istana Merdeka untuk menyaksikan upacara peringatan HUT ke-77 TNI. Kendati menyaksikan dari jarak jauh, Lina mengaku tetap merasa senang dapat hadir di sekitar lokasi pelaksanaan upacara tersebut. Di area tersebut, sejumlah personel gabungan ikut berbaur dengan warga, di antaranya beberapa personel TNI, anggota Kepolisian RI, dan Paspamres.

Warga yang menyaksikan Upacara HUT ke-77 TNI diberikan makanan ringan yang disalurkan oleh para personel gabungan yang tengah berjaga. “Tadi, ini makanannya dikasih sama anggota TNI,” kata Siti, warga lainnya.

HUT ke-77 TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2022 selain diperingati dengan upacara juga akan menyuguhkan atraksi pesawat TNI Angkatan Udara, seperti “fly pass” pesawat F16, helikopter yang membawa bendera raksasa, dan pertunjukan akrobat dari pasukan akrobatik TNI AU Jupiter. Terdapat pula pagelaran yang terdiri atas pasukan drum band, pasukan yang ikut upacara, serta defile dari prajurit yang mengendarai 63 kendaraan tempur (ranpur).

Baca juga
Usulkan Rp100 Triliun Beli Hasil Panen, Zulhas Telepon Badan Pangan hingga BUMN

Dalam seremoni upacara, Presiden Jokowi memberikan Tanda Kehormatan kepada prajurit terpilih. Selain itu Jokowi juga dijadwalkan akan melakukan panggilan video untuk menyapa prajurit TNI yang bertugas di empat lokasi, yakni Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong di Kalimantan Barat, pengamanan terluar Sangihe-Talaud di Sulawesi Utara, petugas PLBN Sota di Merauke, Papua, serta PLBN Motaain Engelberhus Klau di Nusa Tenggara Timur.

Presiden Jokowi menginstruksikan prajurit TNI meningkatkan profesionalitas untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. “Di tengah tantangan bangsa yang kompleks, saya minta TNI tetap harus meningkatkan profesionalitasnya. TNI harus terus secara bertahap melanjutkan pemenuhan minimum essential force,” kata Kepala Negara, memberikan amanatnya.

Baca juga
Jokowi: Pandemi Tak Boleh Hentikan Tiga Transformasi Besar RI

 

 

Tinggalkan Komentar