Senin, 16 Mei 2022
15 Syawal 1443

Jokowi Resmi Lantik Eks Menseskab Andi Widjajanto Menjadi Gubernur Lemhanas

Presiden Jokowi Lantik Andi Widjajanto Sebagai Gubernur Lemhannas Rof - inilah.com
Presiden Jokowi resmi melantik Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lemhannas dan Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) - tangkapan layar YouTube

Presiden Jokowi resmi melantik eks Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Pengangkatan Andi sebagai Gubernur Lemhanas tertuang dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 21 P Tahun 2022.

“Keputusan Presiden ini mulai berlaku sejak tanggal pelantikan ditetapkan di Jakarta,” bunyi Kepres yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti, dalam acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/2/2022).

Selaku pejabat setingkat Menteri, mantan tim transisi pemerintah Jokowi-JK tahun 2014 itu akan diberikan hak keuangan dan administrasi.

Setelah pembacaan Kepres, Jokowi langsung mengambil sumpah jabatan kedua pejabat baru ini.

Baca juga
Husin Shahab, Pelapor Greenpeace yang Pernah Nyaleg dari PSI

Andi mengisi jabatan Gubernur Lemhannas sejak ditinggal Agus Widjojo. Agus dilantik menjadi Duta Besar RI untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau, pada Januari lalu.

Background Singkat Andi Widjajanto

Sebelum berkecimpung di politik praktis, Andi dikenal sebagai akademikus dan pengamat militer. Andi merupakan pakar yang memiliki konsentrasi pada kajian pertahanan, hubungan internasional, dan keamanan siber.

Ia menamatkan pendidikan S-1 di jurusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia. Setelah itu, Andi melanjutkan pendidikan program pascasarjana di National Defense University, di Washington D.C, Amerika Serikat.

Andi Widjajanto juga pernah mempelajari studi hubungan internasional dan pertahanan di School of Oriental and African Studies (SOAS), London School of Economics and Political Science (LSE) dan S. Rajaratnam School of International Studies (RSIS) di Singapura.

Baca juga
Jabodetabek Mulai Terapkan PPKM Level 3

Jokowi juga Lantik Kepala Badan Pangan Nasional (BPN)

Selain Andi Widjojanto, Jokowi juga melantik Direktur Utama PT Rajawali Nusantara (Persero) atau RNI Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional (BPN).

Jokowi Resmi Lantik Andi Widjajanto Sebagai Gubernur Lemhannas H5qq04xq0k - inilah.com
Presiden Jokowi juga melantik Direktur Utama PT Rajawali Nusantara (Persero) atau RNI Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional (BPN)

Pengangkatan Arief tertuang dalam kepres Nomor Keputusan Nomor 7 M Tahun 2022. Arief mendapat hak keuangan, administrasi, dan fasilitas lain sesuai peraturan perundang-undangan.

Badan Pangan Nasional adalah organisasi baru yang dibentuk Jokowi lewat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional. Ini adalah perintah Undang-Undang Cipta Kerja.

Arief pernah menjabat Direktur Utama Food Station, sebuah BUMD pangan milik Provinsi DKI Jakarta. Dia menjadi bos di perusahaan yang berlokasi di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, tersebut dari 2015-2020.

Tinggalkan Komentar