Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Jokowi Tuntaskan Kunjungan Kerja Tiga Negara Asia Timur

Kamis, 28 Jul 2022 - 20:54 WIB
Penulis : Fadly Zikry
jokowi kembali ke tanah air korea asia timur - inilah.com
Presiden Jokowi dan Iriana bersiap lepas landas dari Seoul Air Base Seongnam, Kamis (28/7/2022), sekitar pukul 21.30 waktu setempat untuk kembali ke Tanah Air - (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman)

Presiden Jokowi dan rombongan mengakhiri kunjungan di tiga negara Asia Timur. Jokowi menuntaskan kunjungan kerja itu di Seoul, Korea Selatan, Kamis (28/7/2022).

Keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi dan Iriana sedang dalam perjalanan menuju Tanah Air dari Seoul dengan menumpangi pesawat Garuda Indonesia GIA-1.

Jokowi dan rombongan lepas landas dari Seoul Air Base Seongnam, sekitar pukul 21.30 waktu setempat.

Jokowi dan rombongan diperkirakan akan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, pada Jumat, 29 Juli 2022 dini hari.

Mendampingi Jokowi dan Iriana dalam penerbangan ke Tanah Air, yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Baca juga
Suhu di China Utara Tembus Minus 53 Derajat Celcius, Terendah Sejak 1969

Sebelum kembali ke Tanah Air, Presiden Jokowi sempat mengunjungi Taman Makam Nasional di Seoul untuk memberikan penghormatan.

Usai menandatangani buku tamu, Jokowi kemudian menuju Kantor Kepresidenan Yongsan untuk bertemu dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol.

Keduanya membahas tentang potensi kerja sama dan memperingati 50 tahun kemitraan Indonesia-Korea Selatan.

“Dalam pertemuan dengan Presiden Yoon, secara khusus saya mendorong investasi dari Korea terutama di bidang percepatan pembangunan ekosistem mobil listrik di Indonesia, termasuk proyek industri baterai terintegrasi dengan pertambangan dan industri baja otomotif untuk kendaraan listrik,” kata Jokowi dalam konferensi pers bersama Yoon di Seoul.

Baca juga
Jokowi Bebani APBN Anteng, Giliran Formula E Non APBD Anies Diserbu Kritik

Korea merupakan negara terakhir dalam lawatan tiga negara Jokowi di Asia Timur. Sebelumnya ia mengunjungi China dan Jepang. Dalam kunjungan tiga negara itu, Jokowi membahas tentang peningkatan kerja sama bilateral termasuk ekonomi.

Tinggalkan Komentar