Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Penuh Haru, Jokowi Ungkap Kaesang Pangarep, Iriana dan Bobby Nasution Menangis saat Siraman

Jumat, 09 Des 2022 - 12:29 WIB
Jokowi Kaesang Pangarep
Jokowi sedang mengucurkan air untuk Kaesang Pangarep dalam prosesi siraman , di kediamannya, Solo, Jumat, (09/12/2022). (Dokumentasi: Tangkapan layar dari instagram @jokowi).

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan proses siraman jelang pernikahan untuk putra bungsunya, Kaesang Pangarep, berjalan dengan lancar. Suasana haru penuh dengan air mata juga terlihat dalam proses siraman adat Jawa itu.

“Siraman berjalan dengan baik dan lancar,” kata Jokowi di Solo, Jumat, (09/12/2022).

Masih menurut Jokowi, putra bungsunya terlihat menangis saat prosesi siraman tersebut. Tidak hanya itu, Iriana juga terlihat menangis selama prosesi siraman berlangsung.

“Tadi Bu Iriana juga nangis, terus mas Kaesang nangis, mas Bobby nangis juga tadi,” papar Jokowi.

Menurut Iriana, tangisan tersebut adalah buah dari rasa kebahagiaan karena Kaesang akan melepas masa lajangnya.

“Nangis senang, bahagia,” kata Iriana.

Senada dengan ibunda, Kaesang juga mengungkapkan rasa bahagianya saat melewati proses siraman tersebut.

“Perasaan bahagia,” ujar Kaesang.

Jokowi Kaesang Pangarep
Jokowi dan Iriana terlihat membawa Kaesang Pangarep ke dalam rumah usai menjalankan proses siraman. (Dokumentasi: Tangkapan layar dari instagram @jokowi).

Rangkaian prosesi pernikahan Erina Gudono dan Kaesang Pangarep

Pernikahan putra bungsu presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono tinggal menghitung hari. Menjelang pernikahan, kedua mempelai telah mempersiapkan dengan matang untuk kelancaran akad nikah pada, Sabtu (10/12/2022).

Berikut rangkaian prosesi adat Jawa menjelang pernikahan Kaesang dengan Erina yang Inilah.com rangkum:

1. Semaan Alquran

Menjelang pernikahan pasangan Kaesangan dengan Erina keduanya akan menggelar Semaan Alquran di rumah masing-masing pada Kamis (08/12/2022). Acara akan mulai pada pukul 12.00 WIB di rumah Erina yang selanjutnya menggelar pengajian pada pukul 15.00 WIB.

Baca juga
Jokowi dan Iriana Antar Kaesang Midodareni ke Rumah Erina

Dalam adat Jawa, Semaan Alquran adalah tradisi menjelang pernikahan. Semaan memiliki arti menyimak. Maka tradisi ini sesuai dengan maknanya calon pengantin akan menyimak dan mendengarkan ayat-ayat Alquran.

2. Siraman

Tradisi selanjutnya adalah prosesi siraman kepada calon pengantin Kaesang, Erina Gudono yang akan dilaksanakan pada Jumat (09/12/2022). Prosesi siraman berlangsung pada pukul 09.00 WIB.

Biasanya dalam adat Jawa proses siraman ini menggunakan air dari tujuh sumber mata air.

3. Pemasangan Bleketepe Tuwuhan

Selanjutnya, setelah Semaan Alquran rangkaian pernikahan adat Jawa pasangan Kaesang dengan Erina adalah pemasangan bleketepe pada Jumat (09/12/2022).

Bleketepe merupakan anyaman dari daun pohon kelapa. Bele memiliki arti tempat sedangkan Katapi berasal dari kata tapi yang memiliki arti memisahkan kotoran kemudian dibuang. Dengan begitu Bleketepe memiliki arti orang tua pengantin yang mengajak pasangan pengantin untuk menyucikan diri. Bleketepe dipasang sebagai tanda keluarga akan menggelar hajatan. Selain itu, Bleketepe juga memiliki simbul sebuah pengharapan.

Baca juga
2.000 Lebih Polisi Amankan Ngunduh Mantu Kaesang-Erina

4. Langkahan

Calon istri Kaesang, Erina Gundono akan menjalani prosesi langkahan. Sebab, Erina Gundono melangkahi kakaknya yang belum menikah. Tradisi Jawa ini merupakan bagian khusus yang dilaksanakan ketika adik ‘melangkahi’ kakanya dengan menikah terlebih dahulu. Selain itu, prosesi ini juga memiliki makna penghormatan kepada sang kaka dan diperbolehkan meminta apa saja sebagai syarat pelangkah yang akan disediakan calon pengantin.

5. Midodareni

Setelah menjalankan prosesi siraman, tradisi selanjutnya adalah menjalani prosesi midodareni. Prosesi ini sebelum hari acara temu pengantin. Dalam tradisi Jawa, midodareni juga memiliki makna sebagai malam ‘pangarip-arip’ yaitu malam terkahir masa lajang bagi kedua mempelai.

Biasanya calon pengantin pria akan datang ke rumah calon pengantin wanita untuk meminta restu keluarga besar. Berdasarkan informasi, pada acara midodareni akan presiden Jokowi akan hadir. Namun, pada malam midodareni calon pengantin wanita tidak diperbolehkan bertemu dengan calon suaminya.

6. Akad Nikah

Putra bungsu presiden Jokowi, kaesang Pangarep akan menggelar akad nikah dengan Erina Gudono di Pendopo Royal Ambarrukmo,Sleman, Yogyakarta pada Sabtu (10/12/2022). Akad nikah menggunakan adat Keraton Yogyakarta.

Baca juga
Bukan Ngunduh Mantu Biasa...

7. Panggih

Setelah akad nikah, Kaesang Pangarep dan Erina akan menjalankan prosesi adat Jawa panggih. Upacara ini memiliki simbol pertemuan pengantin wanita dengan pengantin pria ketika sudah sah. Berdasarkan keterangan dari Wedding Organizer, Wigung Wratsangka yang mengurus pernikahan Kaesang dan Erina, kedua pengantin akan menjalani upacara Wijik Tigan, Tompo Koyo hingga Dahar Klimah.

8. Ngunduh Mantu

Pasangan Kaesang dan Erina akan menggelar ngunduh mantu di Loji Gandrung yang berlokasi di kawasan Laweyan, Solo pada Minggu (11/12/2022). Menurut pemilik Dekorasi Asmoro, Ranu Asmoro, dekorasi pelaminan Kaesang dengan Erina ini dengan konsep Mataram Islam yang merupakan cikal bakal Kasunan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta.  Erina akan menggunakan busana putri Keraton Yogyakarta saat prosesi Ngunduh Mantu.

 

Tinggalkan Komentar