Minggu, 26 Juni 2022
26 Dzul Qa'dah 1443

Jumpa Penggerak OK-OCE, Menteri Sandiaga Dorong Transformasi Digital UMKM

Selasa, 31 Mei 2022 - 18:22 WIB
Jumpa Penggerak OK-OCE, Sandi Dorong Transformasi Digital UMKM
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sandiaga S Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) yang juga pendiri gerakan membangun wirausaha OK-OCE, Sandiaga Salahuddin Uno mendorong UMKM segera lakukan transformasi digital.

Hal itu disampaikan Menteri Sandi saat Halal Bihalal dengan seluruh komunitas penggerak OK OCE di Indonesia, Senin (30/5/2022). Saat ini, kata dia, perekonomian Indonesia membaik. Ada semangat untuk bangkit dan pulih. Namun banyak pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang masih harus berjibaku dengan berbagai tantangan ekonomi yang cukup berat.

Ia mengungkapkan salah satu peran utama dari pembangkit perekonomian di Indonesia yakni adanya peran sektor UMKM. Dorongan kepada UMKM untuk terus maju selalu digiatkan salah satunya dengan digitalisasi.

“Pada 2023 pemerintah telah menargetkan 30 juta UMKM masuk ke pasar digital atau e-commerce. Berbagai kolaborasi bersama pemerintah daerah hingga swasta terus kita upayakan. Sehingga dengan adanya digitalisasi diharapkan para UMKM dapat berdaya saing, menggenjot perekonomian, dan menembus pasar global,” ujar Sandi, dikutip Selasa (31/5/2022).

Baca juga
Genjot Inklusi Keuangan, Bank Aladin Syariah Gandeng Google Cloud

Dirinya mendorong pelaku usaha OKE-OCE, untuk melakukan transformasi atau go digital. “Saat ini baru belasan juta UMKM yang ter-digitalisasi. Inilah saatnya kita mengambil peran untuk membantu peralihan UMKM menuju era digital,” tambah mantan Wagub DKI itu.

Ketum Perhimpunan Ok-OCE (POO), Iim Rusyamsi mengungkapkan, OK-OCE akan terus menciptakan ribuan lapangan kerja kedepannya dengan semangat dan dukungan seluruh penggerak serta berbagai progres penciptaan lapangan kerja di setiap tahunnya.

“Kami terus bergerak bersama OK OCE mencapai tujuan menciptakan lapangan kerja. Di awal tahun OK OCE memberi banyak benefit seperti, penerbitan 1000 sertifikat HKI, pembuatan kemasan produk UMKM oleh sebanyak 5200 buah kemasan,” kata Iim.

Baca juga
Orang Tua Milenial Pilih Mendidik Anak dengan Pola Soft Skill

Founder OK-OCE lainnya, Indra Uno menyebutkan betapa pentingnya komunikasi antar selama pelaku UMKM. Dengan adanya interaksi dan bertukar cerita tersebut kata Indra Uno nantinya para pelaku UMKM akan menemukan ide-ide yang terlintas di benaknya sehingga dapat menghasilkan kolaborasi dengan inovasi-inovasi yang telah terlintas sebelumnya.

“Di mana dari kolaborasi tersebut kemudian terciptalah sebuah transaksi. Jika hal tersebut dilakukan terus-menerus maka akan semakin meningkatkan transaksi yang mereka dapatkan. Maka, bagi para pelaku UMKM berbagi informasi adalah hal yang penting untuk terus dilakukan,” kata Indra.

Ia mengajak pelaku UMKM terus berjuang menumbuhkan usaha komunitas dan perorangan serta lapangan kerja untuk masyarakat Indonesia.

Baca juga
Gerindra: Larangan Penjualan Minyak Goreng Curah Beratkan UMKM

“OKE OCE sebagai penggerak komunitas, platform, fasilitasi yang bertujuan agar penggerak dan anggota terfasilitasi untuk melahirkan usaha baru, menaikkan kelas, dan tumbuh kembang usaha baru bagi UMKM,” pungkasnya. [ikh]

Tinggalkan Komentar