Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Jurus Jitu Atasi PCOS Ubah Gaya Hidup jadi Sehat

Sabtu, 24 Sep 2022 - 15:13 WIB
PCOS gaya hidup
Istockphoto

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau sindrom polikistik ovarium bisa teratasi dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Selain itu, cara mengatasi PCOS bisa ke dokter kandungan dengan terapi hormon, mengobati resistens insulin, dan lainnya.

Perlu diketahui, PCOS adalah kelainan hormonal yang paling sering terjadi pada perempuan remaja dan usia subur di dunia. PCOS bisa disebut sebagai gangguan hormon yang umum terjadi pada perempuan di usia subur.

Menurut Kelly Dartanto, BSc, ANutr, Registered Associate Nutritionist Ahli gizi teregistrasi dan terakreditasi di lembaga Association for Nutrition dan Kemenkes Inggris, terapi yang biasa diberikan dokter kandungan adalah konsumsi obat pil kb atau hormonal, obat pembesar sel telur, suplementasi, dan peningkat sensitivitas insulin.

Baca juga
Tips Alami Atasi Gerd

“Cara kedua adalah bisa melakukan perubahan gaya hidup. Cara ini tidak bisa dilakukan dalam hal instan atau hanya tiga bulan. Ini harus dilakukan dalam jangka panjang. Ini bisa jadi bagian dari pola makan, olahraga, dan yang terpenting adalah managemen stress,” papar Kelly saat mengisi webinar yang digelar NoDokter, Jakarta, Sabtu, (24/09/2022).

Masih menurutnya, PCOS adalah sebuah sindrom yang ada di dalam tubuh, bukan seperti penyakit yang bisa langsung disembuhkan. Hal ini perlu diatasi ketika gejala-gejala PCOS timbul.

“Kita akan mengatasi PCOS dalam jangka panjang. Jika hanya konsumsi obat, ini akan bersifat sementara, yang paling penting adalah mengubah gaya hidup. PCOS bukan hanya untuk permasalah untuk kehamilan. Tetapi sangat berdampak kepada penyakit jantung, diabetes, dan lainnya,” tambahnya.

Baca juga
WHO: Hampir Semua Manusia di Dunia Hirup Udara Tak Berkualitas

Pemenuhan Nutrisi di PCOS

Jika mengalami PCOS, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah pemenuhan nutrisi. Hal ini sangat erat kaitannya agar vertilitas menjadi lebih baik.

“Ini saran general, tetapi untuk diagnosa pribadi harus periksa lagi ke dokter. Ada empat kunci utama untuk pemenuhan nutrisi PCOS.Makan secara cukup, makan secara seimbang, gentle nutrition, dan fleksibilitas saat makan,” paparnya.

Menurut Kelly, tidak jarang pengidam Sindrom PCOS kerap membatasi konsumsi karbohidrat. Padahal, setiap orang membutuhkan kalori harian yang cukup untuk membakar energi.

“Kita perempuan kalau makannya enggak cukup ya akan sulit. Memiliki mindset makan yang bernutrisi dan menyenangkan juga sangat penting. Boleh makan carbo tapi yang compleks, biar gula darahnya tidak naik dan turun secara tinggi. Harus dikombinasi dengan serat dan lemak baik untuk tubuh,” katanya.

Tinggalkan Komentar