Senin, 28 November 2022
04 Jumadil Awwal 1444

Jusuf Kalla: Hewan Kurban Bebas PMK

Minggu, 10 Jul 2022 - 10:10 WIB
Whatsapp Image 2022 07 10 At 8.02.27 Am - inilah.com
Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla didampingi Lukman Hakim Saifuddin (kanan) dan Jimly Asshiddiqie (kiri) usai menjalankan ibadah Salat Idul Adha di Lapangan Masjid Al-Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (10/7/2022). Foto: Antara

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) meyakini hewan kurban yang disembelih dan didistribusikan kepada warga pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, Minggu (10/7/2022) sudah bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Eks wakil presiden (wapres) menegaskan DMI telah menginstruksikan pengurus masjid di Indonesia memilih hewan kurban yang sudah bebas PMK.

Selain itu, Wapres ke-10 dan ke-12 RI meminta pemerintah daerah (pemda) untuk melaksanakan pemeriksaan ketat kepada seluruh hewan kurban sebelum disembelih. JK mengungkapkan hal ini selepas melaksanakan Salat Id di Lapangan Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jaksel, pagi tadi.

Baca juga
Pemerintah Siapkan Vaksin PMK Darurat

“Saya yakin semua hewan kurban yang dikurbankan tahun ini sudah terbebas dari PMK,” kata JK yang melaksanakan salat bersama eks Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin dan anggota DPD Jimly Asshiddiqie.

JK menyatakan DMI memonitor merebaknya kasus PMK. Bahkan DMI juga memiliki kekhawatiran akan hal itu. Atas dasar ini DMI memberikan instruksi kepada masjid-masjid untuk memilih kurban yang sudah bebas PMK.

“Pemerintah daerah, melalui dinas peternakan, telah melakukan itu sebelum ada korban di mana-mana,” tegasnya.

Selaku Ketua DMK, JK juga mengaku telah menginstruksikan seluruh masjid di daerah untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Bahkan PMI turut dilibatkan.

Baca juga
MUI Tangerang Tegaskan Hewan Terinfeksi PMK Hukumnya Tidak Sah untuk Kurban

“Makanya, DMI dan pengurus masjid terus melakukan imbauan. Bahkan, PMI ikut serta dalam melakukan disinfektan,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar