Rabu, 07 Desember 2022
13 Jumadil Awwal 1444

KA Jayabaya, Jakarta-Malang Lebih Cepat

Sabtu, 18 Okt 2014 - 23:36 WIB
Penulis : Rina Anggraeni
Kereta Api (KA) Jayabaya

INILAHCOM, Jakarta  - Kereta Api (KA) Jayabaya yang telah kembali dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mempercepat perjalanan Jakarta-Malang.

Sebelumnya, KA Jayabaya delapan tahun "dimatikan" dan saat ini kereta tersebut muncul kembali dengan tampilan yang jauh berbeda. "Dulu sempat berhenti waktu 2006," ujar  Kepala Humas DAOP I KAI, Agus Komarudin, di Stasiun Pasarsenen, Jakarta (18/10/2014).

Agus mengungkapan  KA Jayabaya bernama KA Jayabaya Selatan yang sempat beroperasi era 1989-2006. Tapi, di 2006 perusahaan menutup rute tersebut. "Perjalanannya lama, 17 jam karena lewat jalur Selatan. Lebih lama. Kalau yang sekarang, kan, perjalanannya lewat jalur lintas utara yang double track, jadi 13 jam. Hemat 4 jam perjalanan," terangnya.

Selain itu, jumlah penumpangnya relatif sedikit. Sayangnya, tak disebutkan berapa angka penumpang yang diangkut. "Keretanya kalah cepat. Penumpang lebih memilih KA Matarmaja yang murah karena kelas ekonomi," katanya.

Adapun KA Jayabaya Selatan adalah kereta kelas bisnis. Nantinya perseroan ini mengaktifkan kereta ekonomi rute Pasar Senen-Malang. Dengan adanya kereta relasi ini, jumlah kereta yang melayani perjalanan Jakarta-Malang pulang pergi pun bertambah. Selama ini, yang melayani rute tersebut adalah KA Matarmaja, KA Majapahit, KA Gajayana, dan KA Bima.