Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

Kabar Duka, Musisi Jazz Senior Donny Suhendra Berpulang

Minggu, 19 Jun 2022 - 12:50 WIB
Jazz Donny Suhendra
(foto: Facebook/Donny Suhendra)

Dunia musik Indonesia kembali berduka. Musisi Jazz senior yang juga gitaris kawakan Donny Suhendra meninggal dunia di usia 62 tahun pada Minggu (19/6/2022).

Berita duka itu disampaikan oleh musisi Indra Lesmana. Melalui akun Instagram pribadinya, ayah dari Eva Celia itu menyampaikan belasungkawa dan rasa kehilangannya terhadap sosok Donny Suhendra. Ia menyebut baru saja kehilangan gitaris berbakat sekaligus sahabatnya.

“Kami baru saja kehilangan gitaris paling soulful yang pernah dimiliki Indonesia, sahabatku Donny Suhendra,” tulis Indra via @indralesmana.

Lebih lanjut, Indra membagikan video salah satu penampilan terbaik Donny Suhendra. Kala itu, Donny tengah membawakan lagu ‘Crystal Sky’ di sebuah acara.

“Kang Dodon… Ini adalah salah satu penampilan solo terbaik kamu dari lagu album Sabda Prana JavaJazz ‘Crystal Sky’,” lanjutnya.

Baca juga
Pemilu 2024, Airlangga Tantang MKGR Menangkan Golkar

Terakhir, Indra mengungkapkan akan merindukan sosok Donny Suhendra. Ia juga membubuhkan tanggal meninggalnya sang sahabat.

“Kami akan sangat merindukanmu.. 19.06.2022 #RIPdonnysuhendra,” tutup Indra Lesmana.

Sosok Donny Suhendra

Donny Suhendra lahir di Bandung, 9 November 1960. Dia memulai kariernya tahun 1977 sebagai guitarist WE band.

Lalu, tahun 1978-1982, Donny menjalani studi di ITB jurusan senirupa dan disain.

Kemudian, tahun 1979 bergabung dengan band Rock G’Brill di kota Bandung. Dan pada tahun 1981 mendirikan band Fusion D’Marzio serta membuat rekaman bersama penyanyi Rien Djamain.

Tahun 1985, dia ikut mendirikan grup band Krakatau bersama Dwiki Dharmawan, Budhy Haryono, dan Pra Budi Dharma, yang kemudian ikut Festival di Yamaha Light Music Contest di Tokyo Jepang tahun 1985.

Baca juga
IDEAS Sebut Visi IKN Baru 'Kota Dunia untuk Semua' Bisa di Jakarta

Sepanjang sepak terjangnya di dunia musik, Donny memperoleh beberapa penghargaan antara lain sebagai Gitaris Terbaik di Indonesia dari Yamaha Light Music Contest tahun 1985.

Pada tahun 1991, dia membentuk band Adegan bersama Indra Lesmana, Gilang Ramadhan, Hari Moekti, dan Mates, serta membuat tiga album.

Di tahun yang sama, Donny tergabung sebagai gitaris Java Jazz Band yang menghasilkan album Sabda Prana dan melakukan beberapa pertunjukan di beberapa kota di Amerika.

Selain itu dia aktif sebagai session player untuk beberapa rekaman artist.

Pada Tahun 1999, dia membuat album solo berjudul ‘Di Sini Ada Kehidupan’.

Donny Suhendra tergabung dalam band Nera bersama Gilang Ramadhan, Ivan Nestorman, Krisna Prameswara, dan Adi Dharmawan.

Baca juga
Lima Saham Pilihan saat Pasar Mencerna Perang Rusia-Ukraina

Selanjutnya, tahun 2006 dia ikut andil dalam pembuatan album ‘Syaharani & The Queenfireworks’ dan aktif melakukan tour bersama Syaharani & The Queenfireworks.

Setiap acara Jazz Traffic Festival, dia selalu tampil menghibur penonton bersama penyanyi Jazz Syaharani. Donny pun tampil pada acara Navy Jazz Traffic Festival 2022.

Selamat Jalan Kang Dodon!

Tinggalkan Komentar