Sabtu, 26 November 2022
02 Jumadil Awwal 1444

Kader HMI Sempat Diciduk Polisi Imbas Demo Tolak Harga BBM Naik

Senin, 29 Agu 2022 - 19:13 WIB
56158519 5c6e 49f0 9e4e 83eaeec39277(1) - inilah.com
PB HMI demo menolak harga BBM naik di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (29/8/2022). (Foto: Inilah.com/Dea Hardianingsih).

Sejumlah kader Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) sempat diciduk polisi saat demo menolak harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di depan Gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin (29/8/2022). Demo berlangsung ricuh.

“Tiga atau empat orang (ditangkap),” kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin sekitar lokasi demo.

Dia menjelaskan, sejumlah kader HMI itu dinilai bertindak terlalu reaktif seiring kericuhan yang mewarnai demo tersebut. Kericuhan sendiri mencuat karena massa demo berupaya mengganggu ketertiban umum dengan memblokade lalu lintas di depan Gedung DPR.

Komarudin mengeklaim, polisi bisa mengendalikan kericuhan massa dengan cepat. Dia memastikan personel polisi menahan diri saat mengamankan massa aksi.

Baca juga
Foto: Demonstrasi Mahasiswa 214 di Gedung DPR

Lebih lanjut, Komarudin menyebut, polisi sudah melepaskan sejumlah kader HMI yang ditangkap. Selanjutnya, dia memastikan massa aksi yang sempat diamankan kini sudah dilepaskan.

Massa HMI melakukan demonstrasi untuk menyampaikan sejumlah tuntutan seperti menolak kenaikan harga BBM bersubsidi.

“Kenaikan BBM akan mengorbankan kondisi ekonomi rakyat, terutama masyarakat kelas menengah ke bawah dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang belum sepenuhnya pulih akibat terpaan pandemi COVID-19,” ucap salah seorang demonstran saat berorasi di atas mobil komando.

Selain itu, HMI juga meminta DPR untuk mencabut kebijakan kenaikan tarif dasar listrik. Mereka menuntut pemberantasan mafia pada sektor minyak, migas, dan pertambangan dengan melakukan penegakan hukum adil dan transparan.

Baca juga
Demo 214, Gedung DPR Senayan Masih Sepi Pengunjuk Rasa

Pantauan di lokasi, massa aksi yang sempat menyebabkan kericuhan itu meninggalkan area Gedung DPR sekitar pukul 17.25 WIB.

Tinggalkan Komentar