Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

KAI Blacklist Pelaku Pelecehan Seksual, Tak Boleh Naik Kereta Seumur Hidup!

Selasa, 21 Jun 2022 - 21:13 WIB
KAI Blacklist Pelaku Pelecehan Seksual, Tak Boleh Naik Kereta Seumur Hidup!
KAI Blacklist Pelaku Pelecehan Seksual (Istimewa)

PT. Kereta Api Indonesia (PT KAI) memberlakukan daftar hitam (blacklist) terhadap penumpang yang melakukan pelecehan seksual di kereta api.

Pelaku pelecehan seksual yang videonya viral di media sosial itu, dilarang naik kereta seumur hidup

Sebelumnya, viral cerita penumpang kereta api jarak jauh yang mengalami pelecehan seksual dari penumpang yang duduk di sebelahnya, videonya viral dan memancing kemarahan warganet.

“KAI sama sekali tidak mentolerir kejadian tersebut dan berharap tidak ada lagi kejadian serupa terulang kembali pada berbagai layanan KAI lainnya,” tegas EVP Corporate Secretary KAI Asdo Artriviyanto dalam siaran pers, Selasa (21/6/2022).

Baca juga
Foto: Mudik Lebih Awal di Stasiun Pasar Senen

Kebijakan ini diterapkan untuk memberikan efek jera dan mencegah pelaku melakukan hal serupa di kemudian hari. Kebijakan ini berlaku untuk semua penumpang.

Terkait kasus pelecehan yang viral, pihak KAI sudah menghubungi korban untuk menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami dan siap untuk memberikan dukungan dalam langkah hukum yang akan diambil.

Korban tidak bermaksud untuk membawa masalah ini ke ranah hukum dan hanya meminta terduga pelaku untuk menyampaikan permohonan maaf serta tidak akan mengulangi perbuatannya kembali.

Berdasarkan bukti video dan laporan yang ada, maka KAI akan melakukan blacklist terhadap Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang bersangkutan sehingga tidak dapat menggunakan layanan KAI di kemudian hari. Namun Asdo tidak menyebutkan identitas pelaku pelecehan tersebut.

Baca juga
Stasiun Cikarang Sudah Layani Penumpang KA Jarak Jauh

Sebelumnya video perempuan yang menjadi korban pelecahan seksual di kereta viral di media sosial. Korban bercerita mendapat pelecehan seksual dari penumpang yang duduk di sebelahnya.

Dalam video yang beredar, korban merekam jelas aksi pelaku yang berusaha meraba korban yang duduk bersebelahan. Korban mengaku suka menegur pelaku dua kali, namun tak digubris, tak aksi pelecehan tetap dilanjutkan pelaku.

Akhirnya, ia pun melapor pada pihak KAI. Solusinya, kursi pemilik akun dipindah.”Rasa campur aduk eh, panik, panas dingin, takut, gabisa gerak,” cuit akun bernama Selaaaaa tersebut, Minggu (19/62022).

Tinggalkan Komentar