Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

Kaji Edan Dikenal Dermawan, Sudah Kaya Sejak jadi Juragan Bus

Kaji Edan Dikenal Dermawan, Sudah Kaya Sejak jadi Juragan Bus
rumah Kaji Edan saat disambangi Inilah.com, Jumat (18/3/2022) (foto: Inilah.com)

Sosok Onny Hendro Adhiaksono atau biasa dikenal dengan sebutan Kaji Edan rupanya cukup dermawan dikalangan warga sekitar.

Meski tinggal di rumah yang luas membentang dengan sederet fasilitas wah, Haji Onny, begitu ia biasa disapa warga sekitar, bukanlah sosok yang sombong.

“Sering subuhan di musala sini. Kadang pagi-pagi keluar sepedaan,” kata salah satu tetangga Kaji Edan saat berbincang dengan Inilah.com, Jumat (18/3/2022).

Selain pembawaannya yang santai meski disebut sultan, Kaji Edan juga diketahui kerap memberikan bantuan atau sumbangan jika ada kegiatan warga. Soal aktivitas bisnisnya hingga dijuluki sultan Jagakarsa, tetangga yang tembok rumahnya bersebelahan dengan Kaji Edan ini tak tahu pasti.

“Setau saya dulu punya Tunggal daya aja udah itu aja,” ungkapnya. Dari informasi dihimpun, Tunggal Daya merupakan Perusahaan Otobus asli Wonogiri.

Sang tetangga juga menceritakan bahwa sang sultan belum lama menggelar pesta pernikahan putri pertamanya.”2021,” ucapnya.

Baca juga
Menteri Basuki Tekankan Program Perumahan Fokus pada Pengentasan Kemiskinan dan Penurunan Stunting

Sama seperti sosok sang ayah, putri pertama Kaji Edan juga dikenal aktif bergaul dengan warga kampung sekitar.”Ikut karang taruna malah,” cerita tetangga yang tak ingin disebutkan namanya.

Tim Inilah.com coba menyambangi kediaman megah Kaji Edan alias Haji Onny. Namun salah seorang pegawai yang menemui tim Inilah.com dari balik pagar menyebut sang bos sedang tidak ada di rumah.

Kaji Edan kini diketahui sebagai seorang pengusaha nasional bidang properti. Hal itu diketahui dari lama resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Agustus 2021 lalu, di mana Kaji Edan pernah menjadi pemegang saham PT PP Properti Tbk.

Terungkap kalau Kaji Edan sempat menjadi pemilik 23 persen saham milik PP tersebut dengan nominal transaksi awal dari Rp26,4 miliar. Namun, sama yang dimiliki Kaji Edan menurun menjadi 19 persen dengan nominal Rp12,7 miliar.

Baca juga
Bubarkan Balap Liar, Polisi Dikeroyok Geng Motor di Pondok Indah

Kemudian, Kaji Edan juga merupakan mantan komisaris PT Mukarabi Sejahtera. PT Mukarabi Sejahtera adalah salah satu perusahaan dalam lelang proyek e-KTP yang masih berkaitan dengan mantan ketua DPR Setya Novanto.

Nama Kaji Edan kembali ramai diberitakan setelah dikaitkan dengan jet pribadi Juragan 99. Sultan Jagakarsa bernama lengkap Onny Hendro Adhiaksono itu dituding sebagai pemilik private jet Juragan 99 yang harganya ditaksir mencapai Rp270 miliar tersebut. Meski sudah membantah dan mengaku tak kenal Juragan 99, pemberitaan tentang Kaji Edan tak berhenti

Inilah.com menyambangi rumah Kaji Edan di sekitaran Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (18/03/2022). Sekilas dari depan, tak ada kesan mewah khas sultan kediaman Kaji Edan ini.

Dua pohon besar, mengapit jalan masuk ke rumah sang sultan yang hanya muat satu mobil. Pagar rumahnya pun tak kokoh dan besar layaknya rumah orang kaya kebanyakan. Hanya saja, pagar berwarna hijau itu dilengkapi sensor hingga bisa menutup secara otomatis.

Baca juga
LaNyalla Dukung Jokowi Tegur Menteri Pembuat Gaduh Isu 3 Periode

Disamping kanan, sebuah bengkel las. Sementara sebelah kirinya, berjejer rumah dinas kementerian luar negeri yang justru lebih mencolok dibanding rumah Kaji Edan. Tepat dihadapan rumah sultan Jagakarsa ini, berdiri sebuah cafe yang dipisahkan jalan raya satu arah.

Namun dari pagar depan, rumah yang biasa dijadikan konten YouTube sejumlah pesohor ini barulah tampak luas. Jalan masuk mobil dari pagar, terus memanjang hingga hilang dari pandangan di jalan menurun.

Di pinggirnya, berdiri rumah kayu tinggi menjulang. Di sisinya, ada sangkar besar serupa kandang. Masuk lagi ke dalam, sangkar jauh lebih besar berisi rusa tampak jelas dari pagar depan.

Tak ada aktivitas berarti jika dilihat dari pagar. Mobil dan motor terparkir rapi di satu bangunan rumah berwarna putih.

Tinggalkan Komentar