Senin, 27 Juni 2022
27 Dzul Qa'dah 1443

Kalah Persidangan dari Johnny Depp, Amber Heard: Ini Kemunduran bagi Perempuan

Kamis, 02 Jun 2022 - 09:53 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Amber Heard - inilah.com
Aktris Amber Heard saat meninggalkan Fairfax County Courthouse pada (1/06/2022) di Fairfax, Virginia.(Gettyimages)

Aktris, Amber Heard mengungkapkan kekecewaannya setelah dikalahkan tujuh juri dalam persidangan pencemaran nama baik di Pengadilan Virginia pada Rabu, (1/06/2022) waktu Amerika. Heard mengatakan dia sangat kecewa atas hasil persidangan dan ini merupakan kemunduran bagi perempuan.

“Saya sedih karena segunung barang bukti masih belum cukup untuk menghadapi kuasa dan pengaruh besar dari mantan suamiku.” ujar Heard melansir AFP.

“Saya lebih kecewa atas arti putusan ini untuk perempuan lain. Ini kemunduran.” tambahnya.

Menurut dia, putusan juri setelah enam pekan bersidang ini seperti mengembalikan waktu ke masa ketika seorang perempuan yang berani bersuara justru dipermalukan di depan umum. Hal ini, kata dia, seharusnya memunculkan gagasan bahwa kekerasan terhadap perempuan harus dianggap serius.

Baca juga
Inilah 5 Momen Paling Kontroversial dari Kesaksian Amber Heard

“Saya yakin pengacara Johnny berhasil membuat juri mengabaikan isu utama kebebasan berbicara dan mengabaikan bukti yang begitu meyakinkan sehingga kami menang di Inggris,” kata aktris Aquaman itu melanjutkan.

“Saya sedih kehilangan kasus ini. Tapi saya lebih sedih lagi karena saya tampaknya telah kehilangan hak yang saya pikir saya miliki sebagai orang Amerika – untuk berbicara dengan bebas dan terbuka.”

Amber Heard dan mantan suaminya Johnny Depp menikah pada 2014 dan bercerai setelah 15 bulan.

Lepas dari aktor kawakan ini, Amber menjalin hubungan dengan tokoh bisnis, penemu, dan pendiri CEO SpaceX. AP

Baca juga
Ini Alasan Tim Hukum Amber Heard Tak Lagi Hadirkan Johnny Depp Sebagai Saksi

Juri menyimpulkan Johnny Depp memenangkan perkara pencemaran nama baik yang ia ajukan senilai 50 juta USD karena opini yang ditulis mantan istrinya di Washington Post pada 2018.

Meski tidak menyebut namanya, Heard menggambarkan dirinya sebagai figur publik yang mewakili kekerasan dalam rumah tangga.

Dalam putusan yang dimusyawarahkan selama 13 jam itu, juri menetapkan Heard harus membayar 15 juta USD sebagai ganti rugi kepada Johnny Depp.

Tapi hakim menguranginya dengan hanya membayar 10,35 juta USD karena batasan hukum Virginia. Juri juga meminta Depp membayar 2 juta USD kepada Amber Heard dalam gugatan balik aktris itu karena fitnah yang dilontarkan pengacara aktor Pirates the Caribbean tersebut.

Tinggalkan Komentar