Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Kalahkan Spanyol 2-1, Jepang Melaju ke 16 Besar Sebagai Juara Grup E

Jumat, 02 Des 2022 - 04:40 WIB
Kemenangan Jepang di Piala Dunia Buat Saham di Bursa Tokyo Ikut Terbang
Jepang berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup E usai menundukkan Spanyol 2-0 pada Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. (foto: Getty Images)

Jepang berhasil lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E setelah secara mengejutkan mengalahkan tim kuat Spanyol dengan skor 2-1 di laga pamungkas penyisihan grup Piala Dunia 2022 di Stadion Khalifa Internasional, Doha, Qatar, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Ini adalah kejutan kedua dari tim Samurai Biru setelah dalam laga perdananya juga mampu menaklukkan tim kuat Eropa lainnya, Jerman.

Bukan itu saja, dua pemain yang memasukkan gol ke gawang Spanyol adalah juga dua pemain yang melesakkan gol ke gawang Jerman.

Hasil tersebut juga kembali membuat Jepang mengejutkan semua orang karena finis urutan teratas dalam grup neraka yang dihuni dua mantan juara dunia, Spanyol dan Jerman.

Kemenangan Jepang itu juga mengusir Jerman lebih awal dari Piala Dunia seperti terjadi dalam edisi empat tahun lalu di Rusia.

Baca juga
Kenangan Ridwan Kamil Sering Dinasihati Mang Oded

Jalannya pertandingan

Bermain menyerang, Spanyol sempat unggul di babak pertama lewat sundulan Alvaro Morata di menit ke-11. Striker Atletico Madrid itu sukses menuntaskan umpan silang Cesar Azpilicueta.

Skor 1-0 bagi Spanyol bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Jepang mencoba bangkit dan menambah intensitas serangan. Hasilnya, tembakan keras Ritsu Doan dari luar kotak penalti pada menit ke-48 sukses mengoyak gawang Spanyol yang dikawal Unai Simon.

Tiga menit berselang, Jepang kembali membuat kejutan lewat gol yang dilesakkan Ao Tanaka dari jarak dekat usai menyambut umpan tarik Kaoru Mitoma dari sisi kiri.

Wasit sempat meninjau VAR karena bola diduga sudah keluar garis sebelum Mitoma melepaskan umpan. Beruntung wasit tetap mengesahkan gol tersebut. Jepang pun berbalik unggul.

Baca juga
Tangan Kanan Iwan Bule Dilantik Jadi Wapres AFF

Tertinggal 1-2 membuat Spanyol terhentak. Pelatih Luis Enrique menginstruksikan para pemainnya untuk meningkatkan tempo permainan dan perpindahan bola lebih cepat.

Beberapa kali para pemain Spanyol melakukan umpan satu dua di kotak penalti, namun upaya mereka masih bisa dipatahkan Maya Yoshida dan kawan-kawan.

Penampilan impresif kiper Jepang Shuichi Gonda juga patut diacungi jempol. Sedikitnya ada dua penyelamatan penting dilakukan Gonda untuk menggagalkan tembakan Marco Asensio dan Yeremi Pino.

Upaya Spanyol untuk membalikkan keadaan tak kunjung membuahkan hasil hingga laga usai. Mereka pun harus rela dikalahkan tim Asia di akhir laga.

Hasil ini membuat Jepang lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E dengan raihan enam poin. Sementara Spanyol tetap lolos sebagai runner-up karena unggul selisih gol atas Jerman yang sama-sama mengemas empat poin.

Baca juga
Kematiannya Sebabkan Duka Mendalam, Keluarga Ungkap Brigpol J Sudah Mau Menikah

Di babak 16 besar alias perdelapan final, Jepang akan menantang Kroasia, sedangkan Spanyol bakal menghadapi Maroko yang juga tampil mengejutkan di Piala Dunia kali ini.

Jepang Spanyol Grup E

Tinggalkan Komentar