Kalau Ada Alumninya yang Korupsi, Binus Bakal Cabut Gelarnya

Img 2791 - inilah.com
Img 2791
Universitas Bina Nusantara (Binus) mengeluarkan kebijakan tegas untuk para aluminya.
Rektor Universitas Bina Nusantara (Binus) Harjanto Prabowo memberi pernyataan tegas untuk mencabut gelar sarjana bagi alumni yang korupsi.
Melansir situs resmi Binus, Senin (20/12/2021) dirinya siap mengambil tindakan tegas tersebut sebagai bentuk komitmen dalam upaya memerangi koruptor yang berasal dari lulusan perguruan tinggi.
Sebenarnya Binus sudah lama menerapkan kebijakan tersebut. Bahkan pihak secara kelembagaan, aturan itu sudah diberlakukan sejak 2016 lalu.
Pihak Binus sudah memperketat sistem perkuliahan yang dinilai dapat menyebabkan korupsi, mulai dari mencontek serta plagiat.
Untuk saat ini, mahasiswa masih diberikan pilihan untuk mengundurkan diri bagi mereka yang ketahuan mencontek atau plagiat.
Sejauh ini, setidaknya terdapat 80 mahasiswa yang diberhentikan karena mencontek dan melakukan plagiat. Mayoritas dari mereka sedang menjajaki S1.
Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sempat menyampaikan perguruan tinggi menjadi terdakwa utama dalam sengkarut korupsi di Indonesia.
Sebab, sebanyak 86 persen koruptor adalah lulusan perguruan tinggi.
“Jika dilihat dari pelaku-pelaku korupsi dan kolusi, perguruan tinggi menjadi terdakwa utama di dalam kemelut yang menimpa bangsa ini. Terutama kemelut korupsi di Indonesia,” ucap Mahfud saat memberikan kuliah umum di Universitas Semarang (USM), Jawa Tengah Rabu (20/10/2021) lalu.
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu berujar, perguruan tinggi memiliki peran besar dalam membawa perubahan serta kemajuan bagi negara. Karena berkat lulusan perguruan tinggi, banyak inovasi bagu kemajuan bangsa.
“Tapi juga harus diingat, bahwa Perguruan tinggilah yang membawa kemajuan terhadap bangsa ini. Berkat lulusan perguruan tinggi banyak inovasi-inovasi dilakukan di berbagai hal,” tandas Mahfud.
Baca juga  Makam Jaksa Agung Pertama Dipindah dari TPU Menteng Pulo ke TMP Adhyaksa

Tinggalkan Komentar