https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   02 September 2021 - 10:49 wib

Zulhas Aset Besar 'Beban' Politik Jokowi Berkurang

Bagi rakyat politik tak hanya sekedar urusan koalisi atau oposisi, tetapi bagaimana kebijakan politik itu dapat mengubah kehidupan. Dalam usaha mencapai perubahan yang lebih baik, pemerintahan Presiden Joko Widodo sadar betul bahwasanya menghadapi berbagai tantangan bangsa Indonesia hendaklah melalui konsolidasi nasional. 

Pemerintah mesti menggaet dan mengajak berbagai elemen masyarakat termasuk partai politik. Bersama adalah indikator penting menyelesaikan tantangan saat ini maupun kelak nanti.  Sadar bahwa koalisi saat ini belum mampu menjawab persoalan dan tak mungkin dilakukan sendirian, maka butuh parpol lainnya untuk bergabung dalam hal ini Partai Amanat Nasional (PAN).

Pilihan tepat Jokowi mengundang Zulkifli Hasan ke Istana Negara beberapa waktu lalu . Zulhas  sebagai ketua umum partai berlambang matahari putih yang bersinar cerah dilatarbelakangi segi empat warna biru itu merupakan sosok katalisator. 

Seperti kemarin membawa awal, besok membawa akhir, meski di suatu tempat di tengah kita menjadi teman terbaik. Artinya  masuknya PAN ke koalisi pendukung pemerintah Jokowi-Ma'ruf Amin menjadi langkah penting dalam membangun konsolidasi nasional guna mewujudkan apa yang dicita-citakan bangsa ini.

"Justru orang-orang ideologi di tengah ini adalah cara yang paling mudah untuk menyatukan. Inilah salah satu kekuatan Zulkifli Hasan," kata peneliti senior Pusat Kajian Ekonomi Politik dan Kebijakan, Reza Maulana kepada Inilah.com.

Kabinet Jokowi-Amin Butuh Politisi Senior

Pandemi Covid-19 tak hanya menggempur sektor kesehatan tetapi juga meruntuhkan banyak hal. Walaupun angka kasus Covid-19 mulai melandai, bukan berarti tak ada persoalan lain. Justru muncul banyak persoalan pascapandemi. Ini butuh figur senior seperti Zulhas. 

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia ke-15 itu bukan cuma senior tetapi berpengalaman baik di eksekutif dan legislatif. Paham betul bagaimana cara kerja pemerintah.

"Eksekutif beberapa kali jadi menteri termasuk yang terakhir kali itu  Menteri KLHK," kata Reza.

Zulhas Aset Jembatani Pemerintah dan Islam

Masalah di bangsa ini masih banyak. Mulai persoalan ekonomi hingga kemasyarakatan. Pemerintah dinilai terkesan jauh dari Islam, menambah daftar persoalan di republik ini. 

Persoalan Islam dan pemerintah butuh dijembatani. Jangan biarkan berlarut karena bisa jadi beban berkepanjangan. Masuknya Zulhas dalam koalisi pemerintahan, akan membuat beban politik Jokowi lebih ringan ke depan. Dalam arti akan terbangun komunikasi yang baik terutama dengan pihak Islam. 

Zulhas sangat tepat berperan dalam hal itu. Dia menjunjung tinggi ideologi jalan tengah. Jalan sebuah titik keseimbangan. Jalan yang tak bersandung di titik ekstrem. Pilihan bijak dan khas Indonesia. Itu terlihat dalam berbagai pidato, Zulhas selalu mengulang-ulang kata; "kita adalah orang yang di tengah, Islam kita adalah Islam di tengah". 

"Zulhas merupakan aset besar. Karena lebih dari 40% masyarakat Indonesia itu terdiri dari orang muslim sehingga Zulhas akan memberi kesan optimis bahwa pemerintah sekarang sedang menuju di jalan yang tepat," ucap Reza.

Dalam kebijaksanaan yang dikumpulkan dari waktu ke waktu, sepak terjang Zulhas tak diragukan lagi. Ia sudah berpengalaman di bidang eksekutif dan legislatif. Apabila dalam kabinet posisi yang tepat bagi Zulhas adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). 

"Saya pikir yang paling cocok dengan background  Pak  Zulhas adalah Menko PMK," tutup Reza.   


Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Fintech Lagi Naik Daun, Jokowi Optimis Ekonomi Indonesia Bisa Lewati China dan India

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia dapat menjadi negara dengan ekonomi terbesar k
berita-headline

Kanal

Kunjungi Istana Maimun, Zulhas Berharap Cagar Budaya Terus Dijaga dan Dilestarikan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengunjungi M
berita-headline

Viral

Jangan Lupa Ada Peran PAN Jokowi Bisa Terpilih Presiden

Partai Amanat Nasional (PAN) lahir dari rahim reformasi. Didirikan dengan semangat memperjuangkan
berita-headline

Viral

Kunjungi Ponpes Husnul Khotimah, Zulhas Ingatkan Pesan Persatuan

Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Senin (13/9) mengunjungi Pondok
berita-headline

Viral

Cerita Zulhas: Presiden Jokowi Tegaskan tak Setuju Jabatan Presiden 3 Periode

Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menceritakan pertemuan pimpinan