https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   09 September 2021 - 22:18 wib

Upaya Bea Cukai Dorong Pelaku Usaha Tembus Pasar Ekspor

Kanal
berita-headline

Upaya Bea Cukai Dorong Pelaku Usaha Tembus Pasar Ekspor

Sebagai komitmen mendukung pelaku industri dalam menembus pasar global, Bea Cukai terus berupaya mendorong ekspor dari para pelaku usaha dengan beraneka komoditi di berbagai daerah.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, menyampaikan bahwa dari sisi pelayanan Bea Cukai telah memberikan berbagai fasilitas untuk mewujudkan ekspor, selain itu petugas juga tidak jarang jemput bola ke pelaku usaha untuk memberikan asistensi oleh tim klinik ekspor."Berbagai upaya dan fasilitas kami maksimalkan untuk terus menggenjot ekspor baik dari perusahaan besar maupun pelaku usaha menengah," ujarnya.

Salah satunya yang dilakukan oleh Bea Cukai Magelang kepada pengusaha UMKM di wilayah Kabupaten Magelang yaitu pengusaha produk pot tanaman organik dari anyaman tali sabut kelapa yang berlokasi di Kecamatan Mertoyudan, dengan memberikan asistensi mengenai teknik perdagangan internasional, perizinan sebagai eksportir, dan tata laksana kepabeanan di bidang ekspor dari sisi kepabeanannya. Selain itu, Bea Cukai Magelang juga sasar pameran di sebuah mall untuk menjaring produk UKM berpotensi ekspor. Kegiatan tersebut merupakan bagian gerakan berkelanjutan yang dilaksanakan oleh Bea cukai Magelang dalam rangka meningkatan ekspor nasional, khususnya produk-produk UKM.

Sementara itu, kata Friman, tim klinik ekspor Bea Cukai Jambi juga melakukan kunjungan ke Rumah Produksi UMKM Nekno, salah satu pengusaha di wilayah Jambi yang memproduksi berbagai aneka ragam produk makanan, minuman, dan olahan kerajinan. Kegiatan asistensi dilakukan dengan berbincang bersama mengenai kegiatan ekspor, kemasan produk, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh pengusaha UMKM.

Kemudian dari wilayah timur Indonesia, Bea Cukai Ambon berkunjung ke bumi Bupolo Kabupaten Buru untuk mengasistensi pelaku usaha dalam rangka mendorong hadirnya eksportir-eksportir baru, diantaranya kunjungan ke PT Wainibe Wood Industries, pabrik pengelolahan kayu dengan produk akhir berupa plywood.

Kegiatan serupa juga dilakukan Bea Cukai Labuan Bajo yang berperan aktif dalam upaya menumbuhkan dan mendorong kegiatan ekspor melalui kegiatan sosialisasi dan asistensi ekspor kepada pelaku UMKM di Kabupaten Sikka, Flores. Upaya ini juga membuahkan piagam  apresiasi dari Asosiasi Pelaku UMKM dan Ekraf Sikka (AKUSIKKA) dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Sikka.

Firman menjelaskan, Kegiatan ekspor merupakan satu kegiatan pendongkrak yang akan memberikan efek luar biasa bagi perekonomian nasional. Ekspor merupakan indikator majunya ekonomi sebuah negara. Surplus neraca perdagangan menjadi cita-cita bersama. Peran serta UKM di kancah perdagangan internasional menjadi bagian yang harus diwujudkan.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan semangat pengusaha UMKM dalam meningkatkan kualitas produk menembus pasar global serta senantiasa menjalin konsultasi dengan Bea Cukai," pungkas Firman.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Operasi Pasar Menjadi Cara Bea Cukai Sosialisasikan Gempur Rokok Ilegal

Sebagai bentuk pelayanan yang maksimal dan menjalankan fungsi sebagai Community Protector, Bea Cu
berita-headline

Viral

Optimalkan Tugas Pengawasan, Bea Cukai Gandeng Berbagai Instansi

Bea Cukai kembali menjalin sinergi dengan instansi dan pihak lain dalam upaya mengoptimalkan tuga
berita-headline

Viral

Bea Cukai Soekarno-Hatta Optimalkan Layanan untuk Fasilitasi Hibah dari New York

Bea Cukai Soekarno Hatta kembali memberikan fasilitas atas importasi hibah dukungan alat kesehata
berita-headline

Viral

Bea Cukai di Sulsel dan Jateng DIY Ungkap Penyelundupan Narkotika

Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) dan Kanwil Bea Cukai Jateng
berita-headline

Viral

Bea Cukai Tangkap Pelaku Modus Penipuan Mengatasnamakan Bea Cukai

Modus penipuan dengan mengatasnamakan pejabat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai masih marak terja