https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   10 September 2021 - 14:57 wib

Jakarta International Stadium (JIS), Stadion dengan Konsep Green Building Pertama di Indonesia

Kanal
berita-headline

Foto aerial pembangunan Jakarta International Stadium di Jakarta Utara. Foto: Didik Setiawan

Stadion megah yang berada di Utara Jakarta ini terus dikebut pengerjaannya. Pembangunan konstruksi stadion yang sudah dimulai sejak tahun 2019 ini telah memasuki tahap akhir.

PT. Jakarta Propertindo (Jakpro) mengungkapkan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mentargetkan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) akan rampung pada Desember 2021, sekaligus akan diresmikan pada akhir tahun ini.

JIS merupakan stadion berstandar FIFA yang dibangun dengan konsep green building pertama di Indonesia. Stadion dengan kapasitas 82.000 penonton ini mampu meraih skor greenship platinum grade untuk desain dan build dari lembaga sertifikasi Green Building Council Indonesia (GBCI) yang menjadikan stadion ini pertama mengusung konsep Green Building di Indonesia. 

Dalam website resminya, Jakpro menyembutkan bahwa nantinya JIS akan mengusung konsep sustainability atau keberanjutan. dengan fasilitas yang ramah lingkungan serta mengusung keberanjutan lingkungan.

Konsep Green Buliding dari sisi energi JIS akan memanfaatkan energy eficiency dan concervation dengan menggunakan solar panel dengan renewable energy sebesar 5,1 persen dari daya listrik yang dibutuhan stadion.

Secara khusus JIS akan menggunakan lampu LED untuk penerangan ruangan-ruangan hingga taman-taman stadion. Alasan penggunaan lampu LED karena lebih hemat energi. Sedangkan untuk di lapangan, nantinya akan menggunakan lampu sport lighting  khusus untuk menunjang broadcasting penyiaran JIS.

Kemudian JIS juga dilengkapi dengan konsep water conservation atau penghematan penggunaan air. Nantinya, wastafel, keran tembok maupun shower akan dilengkapi dengan fitur auto stop secara otomatis saat penggunaan air. itu artinya, setiap fitur di setting dengan standar yang berlaku. Misalnya, standar penggunaan shower harus dibawah 9 liter per menit.

Selanjutnya, air limbah nantinya akan dimanfaatkan kembali untuk menyiram tanaman dan rumpu lapangan JIS. Sehingga untuk pemanfaatan limbah air JIS diperuntukkan untuk menyiram tanaman dan rumput serta flushing toilet.

JIS juga akan menerapkan konsep pemanfaatan air hujan. Dengan menggunakan Rain Water Tank (RWT) yang kan disaring atau Treated Rain Water (TRW) lalu air hujan akan disimpan di Ground Water Tank (GWT).  Memanfaatkan kondisi iklim tropis untuk air bersih yang berasal dari air hujan dengan GWT sebagai penampung air yang besar. JIS memiliki delapan GWT yang akan menampung air hujan untuk pemanfaatan air  bersih untuk JIS.

Fasilitas lainnya yang mengusung konsep green building yaitu JIS menyediakan monitoring C02, terutama sensor ini akan ditempatkan pada ruangan-ruangan yang memiliki kepadatan tinggi. seperti ruang player facilities atau ruang ganti pemain. conference room, media room dan mix zone. 

JIS memiliki atap buka-tutup otomatis serta memiliki sky-viewing deck ketinggian 70 meter serta rumput jenis hybird turf serta dua lapangan latihan penunjang.

Diharapkan dengan mengusung konsep green building, JIS menjadi pelopor bagi stadion-stadion lain yang akan mengunsung kosep yang sama untuk menjaga keberlangsungan lingkungan yang 'hijau'.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Jakarta International Stadium (JIS) Siap Datangkan BTS Tahun Depan

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto menyebut pihaknya tengah berencana m
berita-headline

Viral

Satu Lagi Janji Anies Segera Ditunaikan

Dalam upaya melahirkan atlet berpres
berita-headline

Inersia

Pensiun UFC, Khabib Jadi Pemain Sepak Bola, Lawan Masih Berani Tackle?

Legenda UFC Khabib Nurmagomedov resmi menjadi pesepak bola pro set
berita-headline

Viral

Serius Datangkan BTS, Wagub DKI: Masih Proses Penjajakan

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan konser Bangtan Sonyeondan atau
berita-headline

Inersia

Intip Rahasia Pemain Indonesia Sukses Tembus Kompetisi Eropa

Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman serta Bagus Kahfi adalah beberapa pemain muda Indonesia yang