https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   24 September 2021 - 15:30 wib

Warga Manokwari Senang Dapat Bantuan PSU Berupa Jalan Lingkungan

berita-profile

Inilah

0

0

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen menyediakan hunian yang berkualitas, terjangkau serta nyaman khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Hal ini salah satunya diwujudkan melalui penyaluran bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU). Pada TA 2021, Kementerian PUPR menargetkan akan menyalurkan 25.000 unit bantuan PSU.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan adanya bantuan PSU sebagai stimulan bagi pelaku pembangunan rumah untuk membangun rumah MBR dalam rangka pencapaian target program satu juta rumah.
 
"Program ini merupakan bentuk nyata keseriusan pemerintah untuk mewujudkan cita-cita terpenuhinya kebutuhan rumah bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama rumah terjangkau layak huni dan berkualitas bagi MBR,” kata Menteri Basuki.

Pada TA 2021 PSU salah satunya disalurkan bagi warga yang tinggal di Perumahan  Griya Anday di Manokwari, Papua Barat berupa peningkatan jalan lingkungan atau jalan beton sepanjang 175 meter dengan lebar 4 meter untuk 50 unit rumah bersubsidi. Saat ini semuanya sudah selesai 100 persen. Sedangkan total anggaran pembangunan PSU tersebut sebesar Rp 311,2 juta

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur mengatakan, penyaluran bantuan PSU dilaksanakan dalam rangka  peningkatan kualitas lingkungan perumahan bersubsidi pemerintah sekaligus mendukung Program Sejuta Rumah.

“Selain memberikan bantuan peningkatan jalan lingkungan kami juga ingin memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 untuk ikut bekerja melalui program padat karya tunai bidang perumahan. Kami juga ingin   mendorong masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk membeli rumah bersubsidi dengan harga yang terjangkau,” terang Fitrah Nur.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Wilayah Papua II, Yance Pabisa mengatakan, di tahun 2021 Perumahan Griya Anday yang berlokasi di Jalan Anday Distrik Manokwari Barat, Kota Manokwari tersebut mendapatkan Bantuan Pembangunan PSU dengan penyedia jasa yaitu PT. Fulica Land,” proses pembangunannya telah selesai dengan tepat waktu dan tepat mutu,” ujar Yance Pabisa saat melakukan kunjungan ke lokasi Perumahan Griya Anday di Distrik Manokwari Barat.

Hansarius Warga Perumahan Griya Anday mengaku sangat senang bisa merasakan hasil pembangunan berupa prasarana, sarana dan utilitas (PSU) dari Kementerian PUPR. Jalan lingkungan perumahan sebelumnya selalu tergenang saat hujan turun kini sudah menjadi lebih baik karena sudah di beton dan memiliki kualitas yang baik.

“Dulu jalan di perumahan kami kalau hujan turun selalu becek dan membuat kami sulit untuk berpergian. Tapi sejak ada bantuan PSU kini jalan lingkungan tempat tinggal kami sudah bagus dan dibeton dengan kualitas yang baik,” ujarnya. [adv]

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Kanal

Kementerian PUPR Percepat Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Banjir Bandang NTT

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat pelaksanaan rehabilitasi
berita-headline

Kanal

Pulihkan Produksi Pertanian, Kementerian PUPR Rehabilitasi Bendung Benanain NTT

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Te
berita-headline

Kanal

Presiden Jokowi: Kawasan Perbatasan Representasi Kemajuan Bangsa

berita-headline

Kanal

Bendungan Gongseng Akan Penuhi Kebutuhan Irigasi seluas 6.191 Hektare

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Ai
berita-headline

Kanal

Percepat Rehabilitasi Pascabencana NTB, Kementerian PUPR Bangun 292 Huntap RISHA di Bima & Dompu

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat pembangunan hunian tetap