https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   24 September 2021 - 16:56 wib

Inilah Keutamaan Hari Jumat, Hari Istimewa Penuh Berkah

Di antara tujuh hari dalam seminggu, Jumat memang menjadi hari yang memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Muslim. Itu karena ada banyak peristiwa penting yang terjadi di hari Jumat.

Beberapa di antaranya adalah hari diciptakan dan diwafatkannya Nabi Adam AS, hari di mana Nabi Adam AS dimasukkan dan dikeluarkan dari surga, hingga hari kiamat disebut dalam sebuah hadits akan terjadi di hari Jumat.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: "Sebaik-baik hari yang terbit matahari padanya adalah hari Jumat. Pada hari itulah Adam dicipta, di waktu ini pula ia dimasukan ke dalam surga dan waktu itu juga ia dikeluarkan daripadanya. Kiamat pun tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat." (HR Muslim, Abu Daud, dan Nasa'i disahkan oleh Turmudzi).

Selain peristiwa-peristiwa yang telah disebutkan di atas, hari Jumat juga memiliki banyak keutamaan yang tidak didapat pada hari lain.

Berikut keutamaan hari Jumat:

1. Hari Paling Utama di Sisi Allah SWT

Jumat adalah sayyidul ayyam (penghulu hari), hari yang paling utama dari semua hari. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW: "Sungguh hari Jumat adalah tuannya hari-hari dan yang paling agung di sisi Allah." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

2. Hari yang Menjadi Saksi

Maksud menjadi saksi adalah menyaksikan orang yang menghadiri Shalat Jumat. Selain itu, dalam sebuah hadits disebutkan bahwa hari Jumat adalah hari yang disaksikan para malaikat.

Dari Abu Darda RA, Rasulullah SAW bersabda: “Perbanyaklah kalian membaca shalawat kepadaku di hari Jumat. Sesungguhnya ia adalah hari yang disaksikan, yang para malaikat menyaksikannya." (HR. Ibnu Majah).

3. Hari yang Berlimpah Ampunan

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa sesungguhnya Allah tidak membiarkan ada seorang Muslim yang tidak diampuni dosanya pada hari Jumat.

Selain itu, Al-Munawi dalam Faidhul Qadir juga menerangkan bahwa hari Jumat adalah hari di mana Allah menetapkan di antara para hamba-Nya, lalu Dia membedakan antara kekasih-kekasih-Nya dan musuh-musuh-Nya.

Jumat juga menjadi hari di mana Allah melimpahkan kebesaran rahmat-Nya yang tidak terdapat pada hari lainnya. Berkat itulah hari Jumat menjadi hari pengampunan.

4. Hari Hamba Allah Dibebaskan dari Siksa Neraka

Hari Jumat merupakan hari di mana Allah pada setiap jamnya membebaskan ratusan ribu orang yang sebelumnya telah ditetapkan masuk neraka.

Diriwayatkan dari Anas RA, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah Ta’ala pada setiap hari Jumat punya enam ratus ribu orang yang dibebaskan dari neraka. Mereka semua adalah orang yang telah itetapkan masuk neraka." (HR. Abu Ya’la).

5. Orang yang Meninggal di Hari Jumat Selamat dari Fitnah Kubur

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, orang yang meninggal pada hari Jumat akan dibebaskan dari fitnah kubur dan siksanya. Sebab, pada hari itu neraka jahanam tidak dinyalakan, ditutup pintu-pintunya, serta penguasa neraka tidak sedang beraktivitas seperti pada hari-hari lainnya.

Diriwayatkan dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada seorang Muslim yang mati pada hari Jumat atau malam Jumat, kecuali Allah Ta’ala akan menjaganya dari fitnah kubur."

6. Terdapat Saat yang Mustajabah

Maksudnya, Jumat adalah hari diperkenankannya doa. Di dalam hari Jumat terdapat suatu saat di mana Allah SWT berkenan mengabulkan permohonan hamba-Nya yang beriman.

Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya pada hari Jumat itu terdapat saat yang tidak mendapatkannya seorang hamba muslim, sedang ia berdiri shalat meminta suatu kebaikan kepada Allah, kecuali Allah akan memberi apa yang dimintanya." (HR. Malik, Ahmad, Muslim, Nasa’I, dan Ibnu Majah).

Mengenai kapan datangnya waktu yang mustajabah ini, terdapat beberapa riwayat hadits yang berbeda. Dalam satu riwayat disebutkan bahwa waktu tersebut adalah waktu antara duduknya imam sampai Shalat Jumat didirikan. Dalam riwayat yang lain disebutkan bahwa waktu mustajabah tersebut datang setelah Ashar.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Kanal

Kisah Akhlak Para Wali: Guru Sejati

Abu 'Amr pada permulaan menempuh jalan spritualnya (suluk) berulangkali mendatangi majelis yang d
berita-headline

Inersia

Amalan Sunnah dan Adab Menyambut Hari Jumat

Ada sejumlah amalan sunnah dan adab bagi umat Muslim dalam menyambut hari Jumat. Berikut di antar
berita-headline

Empati

Jumat Berkah, Bantu Kuli Bangunan Bangun Pesantren untuk 250 Anak Yatim

Saung Galing, seorang kuli bangunan yang memiliki hati mulia. Dia yang hijrah dari anak Punk dan
berita-headline

Kanal

Kisah Akhlak Para Wali: Malik bin Dinar dan Pencuri

Para Wali atau kekasih Allah adalah orang-orang yang berjiwa mulia. Budi pekerti mereka tercatat
berita-headline

IXU

UAH: Waktu Singkat yang Mustajab di Hari Jumat untuk Berdoa

Hari Jumat merupakan hari istimewa bagi umat Islam. Pada hari yang paling utama dari semua hari a