https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   26 September 2021 - 06:45 wib

Selamat Datang Kelas Baru, Solusi Era Era Pendidikan 4.0 di Indonesia

Era revolusi industri 4.0 menuntut dunia pendidikan mengadopsi teknologi digital dalam mendorong terciptanya lingkungan pendidikan yang kondusif, futuristik, dan fleksibel di pandemi yang berkepanjangan.

Remote learning pun mulai diperkenalkan di Indonesia sebagai imbas dari usaha pemerintah mencegah penularan wabah COVID-19. Di mana, tenaga pendidik dan siswa harus beradaptasi dengan proses belajar-mengajar tanpa tatap muka secara langsung.

Hal inilah yang membuat PointStar Indonesia meluncurkan produk terbarunya, yaitu Kelas Juara. Sebuah platform virtual untuk komunitas pendidik dan siswa di Indonesia, sebagai upaya inovatif untuk mendukung era pendidikan 4.0 di Indonesia yang mensyaratkan kecepatan beradaptasi dan distribusi pendidikan yang merata bagi para pemangku kepentingannya.

Kelas Juara ini, sekaligus wadah bagi para pengajar dan siswa untuk berkolaborasi dalam sebuah platform komunitas daring untuk membahas perkembangan terbaru seputar teknologi pendidikan.

Platform yang telah berdiri sejak awal 2021 ini, memiliki visi menjadi sarana pendidik maupun siswanya untuk mendapatkan informasi seputar perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Ragam fitur yang terdapat di dalam platform ini adalah forum, artikel, program, dan berita lain seputar edukasi.

Yang menarik dari platform Kelas Juara adalah fitur forum. Di mana, baik siswa maupun pendidik dapat berdiskusi mengenai topik yang berhubungan dengan pendidikan, maupun saling mengedukasi tentang teknologi digital yang semakin marak digunakan saat ini untuk proses pembelajaran online di sekolah.

Tidak hanya membahas seputar topik-topik hangat dalam dunia pendidikan, forum Kelas Juara juga memberikan kesempatan kepada para kontributor untuk mengumpulkan poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah di setiap bulannya.

Selain forum, Podcast series tersedia di kanal YouTube resmi milik Kelas Juara. Di Podcast series ini, pendidik maupun siswa dapat mengenal lebih jauh topik-topik menarik seputar perkembangan terbaru dunia pendidikan di Indonesia.

Masih ingat  kontroversi mengenai Chromebook pemerintah yang ramai dibahas warganet di media sosial? Fenomena daring ini, menunjukkan literasi teknologi yang kurang di antara warganet Indonesia.

"Kelas Juara hadir membahas topik-topik seperti ini untuk memberikan edukasi mengenai perkembangan teknologi pendidikan bagi khalayak umum dan terutama komunitas pendidik dan siswa di Indonesia,” ujar Natanael Sibarani, General Manager PointStar Indonesia.

Komunitas pendidik dan siswa pun dapat berinteraksi dengan Kelas Juara melalui akun instagram resminya di @kelasjuaraid. "Sebagai premier partner Google for Education, PointStar mendukung program-program yang disuguhkan  Google demi menunjang penggunaan teknologi pendidikan di Indonesia, termasuk ke dalam fitur-fitur yang tersedia di Kelas Juara,” imbuh Justin Lee, CEO PointStar.

Google Workspace for Education dan Chromebook for Education juga telah dipilih sebagai sarana pembelajaran resmi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mendukung era pendidikan 4.0 di Indonesia. Salah satu fitur unggulan dari Google Workspace for Education adalah Google Classroom, dimana pembelajaran daring menjadi terpusatkan dan dapat diakses guru dan siswa secara langsung dalam sebuah ruang kelas online.

Ditambah dengan perangkat Chromebook for Education yang memungkinkan pengaturan Chromebook device secara terpusat. Sehingga sekarang, guru dan admin sekolah dapat mengatur kebijakan, fitur Chrome untuk siswa, dan akses kepada VPN internal dan jaringan Wi-Fi untuk siswa selama proses belajar mengajar dilakukan melalui Chromebook device ini.

Selain itu, admin dapat mengatur kebijakan-kebijakan tertentu sebelum siswa dapat menggunakan perangkatnya, melakukan pre-install berbagai aplikasi dan ekstensi, melimitasi akses terhadap siswa, dan banyak lagi fungsi lainnya. Admin juga dapat memberikan pengaturan yang berbeda antar user, seperti antara guru dan siswa, atau antara karyawan penuh waktu dan temporer.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Paradoks Pendidikan dan Pandemi di Perkotaan

Efek pandemi telah menghantam banyak pihak, tetapi golongan miskin yang paling banyak mendapat be
berita-headline

Viral

Taliban Beri Izin Perempuan Sekolah Tinggi dengan Syarat Ini

Penguasa baru Afghanistan, Taliban, telah menebar janji tidak akan kembali pada pemerintahan mere
berita-headline

Viral

Luhut: Kita Lebih Takut Generasi Pendidikan Masa Depan Bodoh

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan khawatir
berita-headline

Kanal

Ibas Kawal Program Pendidikan Kemendikbudristek untuk Ribuan Pelajar di Jatim

Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) kembali mengawal dua program besutan
berita-headline

Viral

149.336 Guru Honorer Gagal Tes P3K, P2G Sebut Nadiem Ingkar Janji

Menteri Pendidikan dan Ristek Nadiem Makarim dituduh ingkar janji, lantaran kebijakan nilai afirm