https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   04 October 2021 - 21:29 wib

Kepala Suku di Papua Dukung La Nyalla Lanjutkan Program Jokowi di Bumi Cendrawasih

berita-profile

Inilah

0

0

Kanal
berita-headline

Kepala Suku di Papua Dukung La Nyalla Lanjutkan Program Jokowi di Bumi Cendrawasih

Sejumlah kepala suku di Papua mendukung Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti melanjutkan program-program yang dilakukan Presiden Jokowi di Papua.

Dukungan tersebut disampaikan langsung kepada La Nyalla yang tengah melakukan kunjungan kerja ke Bumi Cendrawasih (Julukan Provinsi Papua) di serangkaian perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Minggu (3/10/2021) malam.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Suku Puncak Jaya Derius Enumbi, Kepala Suku Kabupaten Puncak Jaya Emaus Wowda, Des Murib Kabupaten Puncak Jaya, Hendrik Yeimo pemuda Papua, Mindena Alom, Eka Yeimo, Asen Murib, Agus Wonda.

Selain kepala suku, sejumlah pendeta juga hadir dan ikut menyatakan keinginan tersebut. Mereka di antaranya Pendeta Saul Loko Kabupaten Jayawijaya/Wamena, Pendeta Simison Tabni, Pendeta Peras Tabuni, Tokoh adat Jayapura Moses Konjol.

Senator asal Papua, Herlina Murib menjelaskan, kehadiran para kepala suku dari Jayapura karena ingin bertemu langsung La Nyalla yang dianggap sosok penting bagi masyarakat Papua, juga Indonesia.

"Para kepala suku ini memiliki alasan tersendiri mendukung Pak La Nyalla. Mereka sudah tahu kiprah Pak La Nyalla selama ini sebagai sosok pemersatu bangsa dan orang yang konsisten memperjuangkan kepentingan daerah," kata Herlina di Kafe Baleta, Jayapura.

Menurut Herlina, dukungan yang diberikan kepada La Nyalla lantaran Senator asal Jawa Timur itu juga memiliki komitmen yang kuat terhadap pembangunan tanah Papua.

"Beliau punya komitmen kuat membangun Papua. Keseimbangan pembangunan itulah yang selama ini sangat diharapkan oleh masyarakat Papua," katanya.

Dikatakan Herlina, sejak zaman Orde Baru di bawah kepemimpinan Soeharto hingga saat ini, ada wilayah masyarakat Papua belum merasakan kesetaraan.

"Kami ingin merasakan kesetaraan. Akibat ketidaksetaraan itu, masyarakat Papua hidup dalam kemiskinan. Kami ingin kemiskinan hilang dari bumi Papua. Masih banyak wilayah Papua yang miskin," tegas dia.

Selama ini, kata Herlina, masyarakat Papua seakan berjuang sendiri menjemput kesejahteraan mereka. Dia berharap semua wilayah Papua termasuk keluarga para kepala suku mendapatkan perbaikan ekonomi. 

"Kami tak pernah berhenti berjuang. Papua ini masih banyak yang harus diperhatikan. Jika Tuhan merestui dan memberkati. Kami melihat ada sosok Pak La Nyalla satu-satunya harapan kami yang bisa wujudkan kesetaraan di semua wilayah Papua," ujarnya.

Kepala Suku dari Puncak Jaya, Darius Enumbi menuturkan, La Nyalla merupakan sosok yang benar-benar amanah dalam mengemban tugasnya. Para kepala suku melihat langsung bagaimana La Nyalla memperjuangkan aspirasi daerah di tingkat nasional.

"Kami tahu sepak terjang beliau (La Nyalla). Dan semakin tahu beliau dengan gigihnya bagaimana menyampaikan aspirasi daerah, salah satunya aspirasi dari masyarakat Papua yang betul-betul diperjuangkan oleh Pak La Nyalla di tingkat nasional," ujarnya.

Di sisi lain, Darius menjelaskan jika para kepala suku menilai La Nyalla sebagai sosok yang berpengalaman. Itu sebabnya, mereka menjatuhkan pilihan kepada La Nyalla untuk menyempurnakan program Jokowi.

"Pengalaman itulah yang membuat para kepala suku yakin dan optimistis Pak La Nyalla mampu mengelola negeri ke arah yang lebih baik. Pak Nyalla juga punya karakter pemimpin yang tegas," tutur dia.

Pada kesempatan itu, La Nyalla mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan untuk dirinya. Ia siap mengemban amanah tersebut. Selama ini, sebagai Ketua DPD RI La Nyalla berkomitmen kuat memperjuangkan aspirasi daerah di tingkat nasional.

"Itu sebabnya tagline kami 'Dari Daerah untuk Indonesia'. Bagi saya, aspirasi daerah yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak itu harus betul-betul diperjuangkan. Saya begitu menjabat telah disumpah atas nama Tuhan Yang Maha Esa. Maka, saya akan menjaga sumpah tersebut dengan kinerja yang amanah dalam mengemban tugas," kata La Nyalla.

Beberapa waktu lalu, dalam kunjungannya ke Papua dan Papua Barat, La Nyalla meminta pemerintah pusat mengutamakan pendekatan kesejahteraan dibanding pendekatan keamanan di provinsi ini. Termasuk prioritas untuk pemekaran wilayah yang menjadi aspirasi masyarakat Papua dan Papua Barat.

Dalam pertemuan dengan para kepala suku itu Ketua DPD RI didampingi beberapa senator yakni Bustami Zainudin dan Ahmad Bastian (Lampung), Alexander Franciscus (Babel), Eni Sumarni (Jabar), Fadhil Rahmi (Aceh), Maya Rumantir (Sulut), Andi Muh Ihsan (Sulsel) dan Zainal Arifin (Kaltim).

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Di Tengah Hingar Bingar PON Papua XX, Kericuhan Muncul di Yahukimo

Di tengah hingar bingar pagelaran PON di Papua XX, terdapat kericuhan di Yahukimo, Papua. Hal ter
berita-headline

Kanal

LaNyalla: Akar Persoalan Bangsa Adalah Belum Terwujudnya Sila ke-5 dari Pancasila

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menilai jika pandemi
berita-headline

Viral

DKI Jakarta dan Jatim Bersaing Ketat, Jabar Nyaman di Puncak

Provinsi Jawa Timur (Jatim) kembali menyalip DKI Jakarta dalam persaingan di papan atas klasemen
berita-headline

Inersia

Jeet Esports Raih Juara Ekshibisi Lokapala PON XX Papua

PON XX Papua 2021 telah menyelesaikan penyelenggaraan pertandingan persahabatan untuk divisi eSpo
berita-headline

Kanal

MA Tolak PK Napi Koruptor, Sultan: MA Makin Kokoh Jadi Benteng Terakhir Harapan Keadilan Masyarakat

Potret penegakan hukum di Indonesia dinilai telah berada dalam jalur yang tepat pada periode kedu