Selasa, 16 Agustus 2022
18 Muharram 1444

Kans Anies-Ridwan di Jabar Kuat, Kelemahannya Tak Ada Parpol

Rabu, 01 Des 2021 - 11:50 WIB
Penulis : Willi Nafie
Editor : Ibnu Naufal

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berpeluang ikut bertarung di Pilpres 2024. Bila digandengkan keduanya di Pemilu Presiden tak menutup kemungkinan bakal mendulang suara di Jawa Barat.

“Memang diperkirakan jika dilihat dari elektabilitas memang Anies dan Ridwan Kamil khusus di Jawa Barat memang unggul,” kata pengamat politik Ujang Komarudin kepada Inilah.com, Rabu (1/12/2021).

Tetapi kelemahannya kedua figur itu adalah tidak memiliki partai politik. Sementara pasangan capres-cawapres meski di ajukan oleh parpol. Bahkan dalam presidential threshold atau ambang batas perolehan suara yang harus diperoleh oleh partai politik dalam suatu pemilu untuk dapat mengajukan calon presiden memiliki sekurang-kurangnya 25% kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) atau 20% suara sah nasional dalam Pemilu Legislatif.

Baca juga
Bila Terjadi Lonjakan COVID-19 di DKI, Tanggung Jawab Luhut

“Di sini lah tantangan Anies Baswedan dan Ridwan Kamil agar bagaimana bisa mendapatkan dukungan dari partai politik. Jadi elektabilitas 100 persen pun kalau tidak ada partai yang dukung, ya tidak bisa calonkan diri,” tutup dia.

Sebelumnya, pengurus wilayah Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) Jawa Barat mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan-Ridwan Kamil maju sebagai bakal calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024 mendatang, di Hotel Topaz, Jalan Dr Djundjunan, Kota Bandung, Jawa Barta, Senin (29/11/2021).

Anies-Ridwan dinilai sebagai pemimpin yang berhasil karena mampu mengatasi permasalahan di daerahnya masing-masing. Bahkan masyarakat Jabar yang juga lumbung suara terbanyak dalam pemilu, bakal bangga bila Ridwan mendampingi Anies memimpin republik ini menggantikan Jokowi-Ma’ruf Amin pada tahun 2024 mendatang.

Tinggalkan Komentar