Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

Kanwil Bea Cukai Jakarta Beri Izin Fasilitas Pusat Logistik Berikat

Senin, 23 Mei 2022 - 14:10 WIB
Bea Cukai Jakarta
Dukumentasi Bea Cukai

Dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai industrial assistance, Bea Cukai tidak henti berupaya membantu pergerakan, kemajuan, dan perkembangan industri dalam negeri. Salah satu perwujudan upaya tersebut ialah dengan memberikan izin fasilitas pusat logistik berikat (PLB) kepada industri dalam negeri yang diyakini dapat mendorong perbaikan sistem logistik nasional.

“Melalui pemberian fasilitas PLB, Bea Cukai terus melakukan terobosan agar dapat memenuhi kebutuhan para pelaku usaha dan diharapkan dapat mengurangi biaya logistik dan transportasi, serta mendukung pertumbuhan industri domestik, meningkatkan investasi asing dan lokal serta dapat membantu mewujudkan mimpi Indonesia menjadi hub logistik nasional dan di kawasan Asia Pasifik,” ujar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jakarta, Rusman Hadi, pada Senin (23/05/2022).

Baca juga
Simak Lagi Aturan PPKM Level 2 di Jakarta: Mal, Pasar, dan Kantor Dibatasi

Disebutkan Rusman, di bulan Mei 2022 pihaknya telah memberikan izin PLB kepada PT Catur Kusumayuda Logistik.

“Proses perizinan tak memakan waktu lama, hanya satu jam setelah pemaparan perusahaan di tanggal 12 Mei 2022. Hal ini sejalan dengan fungsi Bea Cukai yaitu mendorong perekonomian dalam negeri melalui pemberian fasilitas kepabeanan,” papar Rusman.

Beroperasi sejak tahun 2021, PT Catur Kusumayuda Logistik merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pergudangan dan stripping pelabuhan. Selain itu, perusahaan ini juga beroperasi di bidang break bulk dan pengiriman di bidang pertambangan. Di rencanakan, akan ada setidaknya lima perusahaan yang menjadi pengguna jasa PLB perusahaan ini.

Baca juga
Foto: Workshop SOP Penggalangan Dana Zakat Bagi Korban Kekerasan Seksual

“Beberapa manfaat yang akan didapatkan perusahaan di antaranya penangguhan bea masuk, pajak, izin impor, dan jangka waktu timbun barang lebih dari tiga tahun. Kami sangat berharap hal ini dapat dimanfaat penerima fasilitas dengan optimal dan perusahaan dapat terus menjaga kepatuhan terhadap aturan kepabeanan yang ada,” ujar Rusman.

Ia pun menegaskan bahwa Bea Cukai akan selalu mendukung usaha pemerintah untuk meningkatkan daya saing logistik nasional melalui pemberian fasilitas kepabeanan, membangun kemitraan yang baik dengan pemangku kepentingan dan instansi lain, serta dengan berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik melalui teknologi dan digitalisasi yang prima untuk menciptakan sebuah ekosistem logistik yang lebih terintegrasi dan efisien.

Tinggalkan Komentar