Kapal Berbendera Malaysia Kepergok Curi Ikan di Selat Malaka

Kapal Berbendera Malaysia Kepergok Sedang Curi Ikan di Selat Malaka

Kapal berbendera Malaysia kepergok mencuri ikan di Selat Malaka pada 13 Januari 2022. Pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) langsung menangkap Kapal berbendera Malaysia bernama PKFB 1337 tersebut. Demikian kata Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin, Sabtu (15/1/2022).

Menurut dia, penangkapan dan tindakan tegas terhadap pelaku pencurian ikan ini merupakan implementasi akselerasi pengawasan. Kemudian pemberantasan pencurian ikan sejalan dengan upaya KKP untuk akselerasi program prioritas kelautan dan perikanan di tahun 2022.

Sementara Direktur Pemantauan dan Operasi Armada, Pung Nugroho Saksono menyatakan bahwa kapal pencuri ikan yang mengoperasikan alat tangkap trawl tersebut ternyata menggunakan modus yang umumnya. Yakni mempekerjakan nelayan Indonesia untuk melakukan pencurian ikan.

Baca juga  LADI Ngutang Rp300 Juta ke Lab Qatar, Pihak Menpora Buru-buru Melunasi

“5 orang nelayan kami amankan, kami juga terus memberikan pemahaman agar mereka tidak dimanfaatkan dalam praktik illegal fishing ini,” ujar Pung Nugroho.

Tinggalkan Komentar