Kamis, 18 Agustus 2022
20 Muharram 1444

Kapolda NTB Kirim Naskah Akademik Pembentukan Polres Mandalika

Kamis, 02 Des 2021 - 19:06 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Kapolda Ntb Irjen Pol. Muhammad Iqbal - inilah.com
Kapolda Ntb Irjen Pol. Muhammad Iqbal

Kapolda Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol. Mohammad Iqbal mengungkapkan bahwa penyusunan naskah akademis untuk pembentukan Polres Mandalika telah tuntas.

“Naskah akademisnya sudah saya serahkan dan sekarang tinggal menunggu realisasi dari Mabes Polri,” kata Iqbal di Mataram, Kamis (2/12/2021).

Salah satu bentuk keseriusan pusat menanggapi rancangan ini dilihat dari kedatangan Tim Srena Polri ke Kabupaten Lombok Tengah, lokasi yang akan menjadi penempatan markas polisi kesatuan pengamanan khusus di kawasan pariwisata Mandalika.

Meskipun demikian, katanya, kepastian operasional polres kawasan ini belum dapat ditentukan. Melainkan ada tahapan yang menjadi syarat pembentukan. Hal paling awal dimulai adalah pembentukan Satuan Pengamanan Objek Vital (Satpamobvit) di bawah Polres Lombok Tengah.

“Karena ini terkait dengan anggaran dan SDM yang akan bertambah, termasuk penggodokan di tingkat Komisi III DPR RI,” katanya.

Baca juga
Ayah, Ibu, dan Anak jadi Sindikat Copet WSBK Mandalika

Menurutnya, DPR RI sudah memberi dukungan dan menyetujui pembentukannya. Untuk kelanjutannya, kata dia, tinggal menunggu alur dan mekanismenya saja.

“Karena ini kan lingkungan strategisnya Polda NTB, akan semakin besar tantangannya. Oleh karena itu, masih dipastikan dahulu ‘manpower’-nya, anggarannya, sarana, dan prasarannya,” kata dia.

Pembentukan Polres Mandalika bertujuan untuk mendukung operasional pengamanan Sirkuit Mandalika. Tahun depan, sirkuit kelas internasional di Kabupaten Lombok Tengah ini akan menjadi lokasi perhelatan MotoGP yang masuk dalam kalender balap pada 20 Maret 2022.

Terkait dengan kepastian realisasi, Iqbal belum berani menentukan karena hal tersebut menjadi kewenangan Kapolri.

Baca juga
LMAN Gelontorkan Rp79,3 Triliun Danai Pengadaan Tanah Ruas Jalan Tol

“Iya bisa jadi sebelum, bisa jadi setelah MotoGP. Tapi pada intinya polres ini sesegera mungkin menjalankan kegiatannya karena MotoGP sampai 10 tahun lagi akan terus di Mandalika,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar