Kapolri Akan Naikkan Pangkat Dankor Brimob Jadi Komjen

Kapolri Listyo Sigit Prabowo - inilah.com
Kapolri Listyo Sigit Prabowo

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo akan menaikkan pangkat Komandan Korps (Dankor) Brimob menjadi jenderal bintang tiga atau Komjen Pol karena tugas dan tanggungjawab yang ada sekarang ini lebih berat.

“Saat ini sedang berproses tentunya. Korps Brimob dengan pengembangan ini akan kita tingkatkan, kita dorong untuk tambahan beberapa bintang dan juga Dankor Brimob sendiri kita tingkatkan untuk menjadi bintang tiga, karena tugas dan tanggung jawabnya semakin berat,” kata Sigit saat memperingati momentum HUT ke-76 Korps Brimob Polri di Mako Korps Brimob, Kelapa Dua, Depok, seperti dalam keterangan tertulis, Minggu (14/11/2021).

Baca juga  Kemarahan Risma Sepanjang Tahun 2020-2021

Dia menjelaskan, tugas yang diemban Brimob saat ini cukup berat dan selalu menyesuaikan tantangan kedepannya. Selain menjaga keamanan dan ketertiban, Brimob juga menjadi personil yang selalu diterjunkan dalam setiap operasi bantuan kemanusiaan.

Dengan dasar itu, Sigit mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan restrukturisasi organisasi atau pengembangan organisasi untuk menghadapi segala tantangan yang ada saat ini.

Menurut Kapolri, pengembangan organisasi itu dilakukan karena tugas dan tanggung jawab Korps Brimob semakin berat dan kompleks. Sebab demi menjawab segala tantangan, nantinya akan ditambah pula jumlah personel Brimob di Indonesia bagian tengah, bagian timur, bagian barat, dan Ibu Kota Negara.

Baca juga  Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia, Ini Daftarnya

Sigit menegaskan, semua ini dalam rangka memberikan respons cepat terhadap dinamika yang terjadi di lapangan sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik dan cepat ke masyarakat yang membutuhkan.

Seperti diketahui, saat ini Dankor Brimob dijabat oleh jenderal bintang dua (Inspektur Jenderal/ Irjen) atau setara dengan Kapolda.

Wacana kenaikan pangkat Dankor Brimob sebenar sudah muncul beberapa tahun lalu berbarengan dengan berubahnya beberapa status wilayah di Indonesia yang ditempati oleh Kapolda.

Awalnya status Polda terbagi menjadi dua yakni Polda tipe A yang dipimpin oleh Kapolda berpangkat Irjen atau bintang dua dan tipe B yang dipimpin oleh Kapolda berpangkat Brigjen atau bintang satu. Namun, hal itu sudah berubah semasa kepemimpinan Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang menerapkan seluruh Polda menjadi tipe A.

Baca juga  42 Kasus COVID-19 Omicron Dikonfirmasi di 10 Negara Uni Eropa

Tinggalkan Komentar