Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Kapolri Cek Kesiapan Personel dan Peralatan Pengamanan KTT G20

Minggu, 13 Nov 2022 - 06:40 WIB
Kapolri Pengamanan G20
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo tengah meninjau langsung kesiapan personel dan peralatan pengamanan KTT G20 Bali, Sabtu (12/11/2022) (dok. NTMC Polri)

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung kesiapan personel dan peralatan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

“Baru saja kita meninjau salah satu titik posko yang disiapkan yang ada di dekat Hotel Apurva, untuk mengecek kesiapan dari peralatan dan kesiapan dari anggota yang ada,” ujar Kapolri Listyo Sigit dalam keterangan resminya di Bali, Sabtu (12/11/2022).

Selain melihat kesiapan personel, Kapolri juga memastikan seluruh peralatan yang digunakan untuk menghadapi situasi kontingensi mulai peralatan SAR di laut, darat dan udara, serta potensi ancaman bom dapat dioperasionalkan.

“Tadi kita semua cek satu-satu. Peralatan kita sudah siap, baik mulai dari alat pendeteksi kemudian alat untuk melaksanakan evakuasi dan juga alat untuk penghancuran (bom) atau explosive,” kata Kapolri.

Baca juga
Kapolri dan Ganjar Sambut Kedatangan Jokowi di Semarang

“Semuanya tergelar dengan baik,” tegas dia.

Selain itu, personel pengamanan yang disiagakan pun telah siap menghadapi kondisi kerusuhan maupun ketika terjadi peningkatan eskalasi.

Mantan Kapolda Banten itu meminta agar personel terus menerus berlatih baik menjalankan tugas pengamanan maupun mengoperasionalkan peralatan.

“Agar pada saatnya dalam waktu cepat mereka semua bisa bergerak dan melakukan tugas-tugas sesuai dengan apa yang menjadi tantangan dan ancaman tugas,” kata Kapolri.

Polri pun telah menyiapkan sejumlah mobil yang telah dilengkapi dengan alat pendeteksi benda-benda berbahaya dan mobil escape.

Ia memastikan jika seluruh rute yang akan dilewati oleh delegasi dan tamu VVIP KTT G20 akan terpantau dan dijaga petugas di sejumlah titik.

“Saya kira ini menjadi satu optimisme, bahwa pengamanan rangkaian pelaksanaan KTT G20 yang akan dilaksanakan dari TNI-Polri semuanya dalam posisi siap melaksanakan tugas,” tegas Kapolri.

Baca juga
Atasi Pandemi, Sri Mulyani: 15 Negara G20 dan 3 Filantropi Kumpulkan Dana FIF US$1,37 Miliar

Dalam kesempatan itu, Listyo Sigit pun memberikan semangat kepada jajaran Korps Brimob Polri yang berada di Pos Pengamanan Pantai Geger, Bali.

“Saya bangga bisa berjumpa dengan kalian dan saya harap kondisi kalian semua tetap sehat,” ujarnya.

Di hadapan personel Brimob, Listyo Sigit menegaskan, tugas pengamanan KTT G20 ini merupakan suatu bentuk kehormatan bagi institusi Polri. Mengingat, event internasional tersebut merupakan sejarah baru untuk Bangsa Indonesia.

“Ini kehormatan untuk kita, mendapatkan kehormatan untuk melaksanakan pengamanan KTT G20. Seperti yang disampaikan Pak Presiden pengamanan ini belum tentu 20 tahun sekali,” ucap dia.

Oleh karena itu, Kapolri menekankan kepada seluruh personel benar-benar menjalankan tugasnya dengan sepenuh jiwa dan raga bagi Indonesia.

Baca juga
Politisi PDIP Desak Polisi Tangkap Ferdinand Hutahaean

Pada kesempatan itu, Listyo Sigit beserta jajaran pejabat utama Mabes Polri menyempatkan untuk melaksanakan makan bersama dengan seluruh personel yang bertugas.

“Oleh karena itu tugas kalian semua adalah bagaimana melaksanakan tugas yang dipertanggungjawabkan kepada kita dengan sebaik-baiknya. Saya bangga kepada kalian semua. Jaga kesehatan dan habis ini kita makan siang bareng,” tutup Kapolri.

Tinggalkan Komentar