Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Kapolri Perintahkan Berantas Pinjol Ilegal

Rabu, 13 Okt 2021 - 11:05 WIB
Penulis : Anton Hartono
Kapolri Perintahkan Berantas Pinjol Ilegal - inilah.com
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (foto istimewa)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan untuk memberantas seluruh perusahaan pinjaman online (pinjol) yang tidak resmi atau ilegal. Instruksi itu disampaikan kepada jajarannya sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Lakukan upaya pemberantasan dengan strategi preemtif, preventif maupun represif,” katanya, Rabu (13/10/2021).

Menurutnya, pinjol ilegal itu merupakan sebuah kejahatan dan masyarakat menjadi semakin resah dengan teror-teror yang terjadi. Karena itu pihak kepolisian tergerak untuk melakukan penanganan khusus sekaligus memberikan perlindungan terhadap masyarakat.

Bukan hanya didasari instruksi Presiden RI, penindakan tegas terhadap pinjol ilegal ini dilakukan lantaran adanya kasus warga yang bunuh diri setelah tidak kuat dengan lilitan utang di pinjol ilegal.

Baca juga
Jokowi Sesalkan Pernyataan Menteri yang tak Sensitif pada Kondisi Rakyat

Warga yang awalnya senang mendapat kemudahan pinjaman uang, namun pada akhirnya harus membayar tagihan utang yang angkanya jauh lebih besar dari pinjaman. Ini terjadi karena bunga yang semakin menumpuk lantaran utang belum bisa dilunasi.

Jika tidak mampu membayar, tentu si peminjam akan terus dikejar dengan berbagai cara. “Banyak juga ditemukan penagihan yang disertai ancaman. Bahkan dalam beberapa kasus ditemukan para korban sampai bunuh diri ,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar