Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

Kapolri Singgung Pentingnya Budaya Bersepeda, Alternatif Ketika BBM Mahal

Minggu, 29 Mei 2022 - 17:26 WIB
Whatsapp Image 2022 05 29 At 1.07.37 Pm - inilah.com
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo selaku Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) memberi sambutan, di Hutan Kota Pelataran Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (29/5/2022). Kapolri mengangap budaya bersepeda selain menyehatkan berkontribusi pada kelestarian alam. Foto: Antara

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo selaku Ketum PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) mengingatkan pentingnya budaya bersepeda bagi masyarakat. Sepeda sebagai moda transportasi dapat menjadi alternatif bagi masyarakat ketika harga BBM naik.

Sigit berjanji, PB ISSI akan mengembangkan komunitas dan menggelorakan kembali kegiatan bersepeda sebagai budaya yang telah lama ditinggalkan masyarakat. Apabila masyarakat kembali gandrung bersepeda maka kegiatan ini bisa mengurangi beban tatkala BBM mahal.

“Manakala BBM mahal, maka sepeda bisa menjadi alternatif untuk melakukan kegiatan atau aktivitas ke kantor atau ke tempat lain,” kata Sigit, di Hutan Kota by Plataran Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (29/5/2022).

Baca juga
Perjuangan Lily Wahid di Parlemen, Dukung Angket Century hingga Menolak Kenaikan Harga BBM

Selain menjadi alternatif kendaraan ketika terjadi lonjakan harga BBM, bersepeda juga memberikan dampak baik kepada lingkungan karena turut mengurangi emisi gas karbon yang diakibatkan hasil pembakaran kendaraan bermotor. Artinya, Sigit menilai, kegiatan bersepeda berkontribusi pada kelestarian alam.

“Jadi,saya kira budaya sepeda ini budaya sehat. Saat ini sudah menjadi tuntutan bagi kita semua,” tuturnya.

Sigit mengingatkan sektor wisata baru yang mengakomdasi rute-rute untuk bersepeda dapat menarik wisatawan. Setidaknya, melalui kegiatan bersepeda, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Itu juga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan adanya titik-titik tempat wisata baru yang dijadikan rute sepeda. Tentunya akan banyak wisatawan. Wisatawan sepeda khususnya,” ucap dia.

Baca juga
Ada Pelanggaran Jika Polri Rekrut 57 Mantan Pegawai KPK?

 

Tinggalkan Komentar