Rabu, 18 Mei 2022
17 Syawal 1443

Kasus Ade Yasin, KPK Mulai Telisik Temuan Awal BPK Jabar

0429 015635 Ccf6 Inilah.com  - inilah.com
Ketua KPK, Firli Bahuri dan Ketua BPK, Isma Yatun saat menunjukkan Barang Bukti Operasi Tankap Tangan (OTT) Bupati Bogor, Ade Yasin berupa uang senilai Rp1,024 M dalam Konferensi Pers di Gedung Merah Putih, KPK, Jakarta, Kamis (28/4/2022). Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

KPK mulai menelisik temuan awal BPK Jabar dalam penyidikan perkara korupsi yang membelit Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin. KPK memeriksa empat tersangka dari unsur Pemkab Bogor termasuk Ade pada Rabu (11/5/2022).

Plt Jubir KPK Ali Fikri mengatakan, pemeriksaan empat tersangka ini untuk mendalami awal mula pembahasan temuan tim pemeriksa BPK pada beberapa proyek di Dinas PUPR Kabupaten Bogor. Diketahui Ade Yasin dan tiga anak buahnya ditangkap KPK karena menyuap auditor BPK Jabar untuk kepengurusan opini WTP.

“Pemeriksaan untuk mendalami awal mula pembahasan dari temuan tim pemeriksa BPK Perwakilan Jawa Barat pada beberapa proyek di Dinas PU Kabupaten Bogor, yang diduga prosesnya tidak sesuai ketentuan,” kata Ali Fikri, di Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Baca juga
Setelah Basuki, Jokowi Tunjukkan Kedekatan dengan Airlangga

Mereka yang diperiksa bersama Ade yakni Sekretaris Dinas Kabupaten Bogor Maulana Adam, Kasubid Kas Daerah BPKAD Ihsan Ayatullah, dan pejabat pembuat komitmen (PPK) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bogor Rizki Taufik.

“Penyidik memeriksa perdana tersangka AY, MA, IA dan RT untuk saling menjadi saksi dalam berkas perkara masing-masing,” tutur Ali.

Dalam penyidikan perkara ini KPK juga berencana memanggil Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan dan Agus Khotib yang telah dicopot dari jabatan Kepala BPK Jabar. Pemeriksaan ini penting untuk memastikan mekanisme pemeriksaan laporan keuangan Kabupaten Bogor yang telah lima kali berturut-turut menerima WTP. [WIN]

Tinggalkan Komentar