Kasus Aktif di Bawah Satu Persen, Covid-19 di Indonesia Terkendali

Kasus Aktif di Bawah Satu Persen, Covid-19 di Indonesia Terkendali - inilah.com
istimewa

Kasus harian aktif Covid-19 menorehkan catatan baru di Indonesia karena pertama kalinya mengalami persentase di bawah satu persen yaitu 0,86 persen. 

Angka tersebut menunjukkan kemajuan dari penanganan kasus Covid-19 di Indonesia. Apakah hal ini menjadi salah satu tanda Covid-19 akan hilang dari Indonesia? 

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid, menjelaskan angka tersebut tidak lantas membuat masyarakat terlena dan tetap harus waspada karena Covid-19 masih ada. 

“Belum tahu (Indonesia bebas Covid-19), tetapi tetap waspada selama kondisi pandemi belum dinyatakan selesai,” kata Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi INILAHCOM, Jakarta, Rabu, (06/10/2021). 

Persentase tersebut adalah akumulasi dari situasi kasus Covid-19 dalam sepekan terakhir. Menurut data dari Satgas Covid-19 persentase di bawah 1 persen ini pertama kali terjadi jika dibandingkan dengan saat lonjakan kedua, karena kasus aktif pernah sampai menyentuh angka 19 persen. 

Dia menambahkan, situasi penyebaran virus  jika terlihat dari angka kasus aktif tersebut menunjukkan Covid-19 sudah terkendali. 

“Artinya terkendali ya,” tambahnya. 

Keberhasil pencapaian kasus aktif di bawah 1 persen tersebut menurutnya bisa terjadi dari beberapa faktor. Mulai dari pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 hingga kebijakan pemerintah dalam menerapkan level PPKM. 

Baca juga  Cara Menteri Promosi Produk Dalam Negeri, Garam Sumenep Harus Saingi Garam Himalaya

Tidak bosan Siti Nadia mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes) 5 M dengan ketat, yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Tinggalkan Komentar