Jumat, 19 Agustus 2022
21 Muharram 1444

Kasus Brigadir J Belum Ada Tersangka, Mahasiswa: Copot Kapolri

Minggu, 31 Jul 2022 - 11:02 WIB
Listyo Sigit Prabowo 1 - inilah.com
Mahasiswa meminta Jokowi copot Kapolri Sigit lantaran tidak mampu mengungkap perkara Brigadir J. Foto: Antara

Kelompok mahasiswa yang menamakan diri Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Republik Indonesia (GMPRI) mengancam bakal menggeruduk Istana Negara mendesak Presiden Jokowi mencopot Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Pasalnya, 23 hari sudah Brigadir Yosua alias Brigadir J tewas di rumah dinas Kadiv Propam, namun hingga kini Polri tak kunjung menetapkan tersangka.

Ketua GMPRI Raja Agung Nusantara menyebutkan, Kapolri Sigit layak dievaluasi karena kinerja tim khusus (timsus) yang dibentuknya belum mampu mengungkap perkara Brigadir J secara jernih. Padahal selain timsus, Bareskrim Mabes Polri juga turut melakukan penyelidikan. Selain itu, Sigit juga tidak mampu meredam gonjang-ganjing dan kegaduhan yang timbul akibat kasus yang menyeret Irjen Ferdy Sambo itu.

“Kami dari GMPRI meminta dan Mendesak Bapak Ir H Joko Widodo untuk segera Mencopot dan memberhentikan Bapak Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo dari jabatan Kapolri demi terjaganya marwah dan nama baik institusi Polri yang sama-sama kita hormati dan muliakan,” kata Agung, di Jakarta, Minggu (31/7/2022).

Dia meyakini, kegaduhan yang muncul sekarang ini bahkan menjadi isu hangat yang terus bergulir di kalangan aktivis dan masyarakat disebabkan ketidakmampuan Sigit mengungkap kebenaran dalam perkara ini. Padahal kasus ini merupakan kriminal murni yang seharusnya tidak memakan waktu untuk diselidiki dan menetapkan tersangka.

“Perkara atau kasus ini sudah menjadi isu nasional dan sedang ramai diperbincangkan di kalangan aktivis, masyarakat dan rakyat Indonesia. Dampak dari gejolak ini bisa merusak nama Polri atau menciderai nama baik Polri di mata publik dan rakyat Indonesia,” tuturnya lagi.

Mahasiswa dan pemuda mengancam bakal menggelar aksi maraton di Istana apabila tuntutannya tidak didengar Presiden Jokowi pada pekan depan. “Orang yang paling bertanggung jawab dengan persoalan atau masalah ini adalah Kapolri yaitu Bapak Jendral Listyo  Sigit Prabowo,” kata dia.

Tinggalkan Komentar