Sabtu, 26 November 2022
02 Jumadil Awwal 1444

Kasus Cacar Monyet Pertama China Ditemukan di Kota Chongqing

Sabtu, 17 Sep 2022 - 11:46 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Kasus Cacar Monyet Pertama di China Ditemukan di Kota Chongqing
Virus Cacar Monyet/ist

Pemerintah China menemukan kasus pertama cacar monyet atau monkeypox di Kota Chongqing pada Jumat (16/9). China menyebut virus cacar monyet ini berasal dari luar negeri.

Komisi Kesehatan Kota Chongqing, China mengatakan, virus ini ditemukan pada pasien dengan gejala mencurigakan seperti ruam saat menjalani karantina dugaan COVID-19.

Tes PCR pasien tersebut menunjukkan hasil negatif COVID-19, namun pasien itu positif cacar monyet setelah dilakukan tes dan diagnosis yang sudah diverifikasi oleh pakar kesehatan tingkat lokal dan nasional.

Komisi Kesehatan Chongqing mengungkapkan bahwa kesehatan pasien di rumah sakit rujukan dalam kondisi stabil.

Sejumlah kontak dekat yang berhasil dilacak sedang diisolasi untuk observasi medis sebagaimana diberitakan media setempat, Sabtu.

Baca juga
Panduan Trading Empat Saham saat IHSG Tembus ‘All Time High’

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 23 Juli 2022 mengumumkan merebaknya cacar monyet harus menjadi perhatian komunitas global setelah beberapa kasus ditemukan di sejumlah negara, seperti Eropa dan Amerika Serikat.

Otoritas kesehatan China memformulasikan tata cara diagnosis, perawatan, pencegahan, dan pengendalian.

Hong Kong melaporkan kasus cacar monyet pertamanya pada 6 September lalu yang menimpa seseorang yang baru melakukan perjalanan dari Filipina.

Tinggalkan Komentar