Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Kasus COVID-19 Harian Tinggi, Jumlah Pasien Dirawat RS Landai

Sabtu, 05 Feb 2022 - 09:02 WIB
Penulis : Willi Nafie
Kasus COVID-19 Harian Tinggi, Jumlah Pasien Dirawat RS Landai

Walaupun angka kasus positif COVID-19 harian pada Jumat (4/2/2022) mencapai 32.211 kasus. Namun, Kementerian Kesehatan memastikan angka keterisian tempat tidur rumah sakit masih landai. Mengingat sebagian besar yang terkonfirmasi merupakan kasus tanpa gejala dan bergejala ringan.

“Jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit masih rendah,” kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, Sabtu (5/2/2022).

Nadia menyampaikan penularan dari varian Omicron memang lebih cepat ketimbang varian COVID-19 yang lain. Namun angka kematian akibat varian tersebut rendah.

“Hal ini dapat terlihat dari kondisi pasien yang dirawat di rumah sakit secara nasional masih sangat rendah. Rata-rata pasien yang dirawat di rumah sakit saat ini juga tidak bergejala dan gejala ringan,” ungkapnya.

Baca juga
Kasus Diduga Kabur Karantina Sedang Diusut, Rachel Vennya Akhirnya Minta Maaf

Pemerintah mengimbau masyarakat yang positif COVID-19 namun tidak bergejala ataupun bergejala ringan tidak perlu ke rumah sakit. Cukup melakukan isolasi mandiri di rumah atau isolasi terpusat, serta memanfaatkan layanan telemedicine jika tersedia. Atau melapor ke Puskesmas terdekat.

“Dengan demikian kita dapat mengurangi beban rumah sakit dan tenaga kesehatan. serta membantu menyelamatkan orang lain yang memiliki gejala sedang hingga kritis,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar