Minggu, 02 Oktober 2022
06 Rabi'ul Awwal 1444

Kasus Suap Sudrajad Dimyati, KPK Geledah MA

Jumat, 23 Sep 2022 - 13:54 WIB
0a43cd01 7288 4665 8bd8 4c3e331fd6d2 - inilah.com
Tim penyidik KPK memasuki kantor Mahkamah Agung, Jumat (23/9/2022) untuk melakukan penggeledahan. (Foto: Inilah.com/Dea Hardianingsih)

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah Mahkamah Agung (MA) buntut penanganan perkara suap yang membelit hakim agung Sudrajad Dimyati. Jubir MA Andi Samsan Nganro sebelumnya sempat menyinggung kedatangan penyidik KPK ke kantor para ‘wakil Tuhan’ namun dia mengaku tidak tahu secara pasti adanya penggeledahan.

“Kami sendiri belum tahu, kalau ada dari KPK bisa saja (penggeledahan),” ucap Andi dalam konferensi pers, di MA, Jumat (23/9/2022).

Jubir KPK, Ali Fikri ketika dikonfirmasi penyidik menggeledah kantor MA tidak membantah. “Benar, hari ini (23/9) Tim Penyidik KPK melaksanakan penggeledahan, di antaranya berlokasi di Gedung MA RI,” kata Ali, melalui pesan instan.

Sudrajad menjadi hakim agung pertama yang menjadi tersangka KPK. Dia dituduh menerima suap terkait penanganan perkara KSP Intidana pada tingkat kasasi.

Baca juga
Terjatuh saat Akan Isi Khutbah, Wali Kota Bandung Oded Meninggal Dunia

Sudrajad telah menyerahkan diri ke KPK setelah diumumkan sebagai tersangka pada dini hari tadi. Andi Samsan Nganro menegaskan, secara kelembagaan, MA kooperatif dengan KPK untuk membongkar praktik makelar kasus (markus) pada badan peradilan tertinggi.

“Sehubungan dengan penetapan tersangka Bapak Sudrajat Dimyati bagi MA akan bersikap kooperatif dan menyerahkan mekanisme hukum sebagai kewenangan KPK,” kata Andi.

Tinggalkan Komentar