Kata IDAI jika Ada Kasus Covid-19 di Sekolah Usai Tatap Muka

Kata IDAI jika Ada Kasus Covid-19 di Sekolah Usai Tatap Muka  - inilah.com

Ikatan Dokter Anak Indonesia menyampaikan pandangannya terkait adanya pembukaan sekolah tatap muka.

Pembelajaran tatap muka (PTM) di beberapa sekolah khususnya yang berada di Jakarta sudah dimulai pada, Senin, (30/08/2021).

Dinas Pendidikan DKI Jakarta resmi mengeluarkan petunjuk teknis sekolah tatap muka tersebut.

Aturan petunjuk teknis itu tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 882 Tahun 2021 tentang teknis pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi Covid-19.

Lantas bagaimana Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyikapi hal ini, mengingat anak-anak menjadi salah satu kelompok yang rentan terpapar covid-19?

Mengutip dari laman instagram IDAI, Senin, (30/08/2021), keputusan pembukaan sekolah dibuat secara berkala melalui evaluasi mingguan.

Baca juga  Meski Negara Terima Ratusan Triliun, Anies Tetap Kampanye Antirokok

Sekolah berkoordinasi dengan pemerintah daerah, dinas kesehatan, dan dinas pendidikan memutuskan membuka atau menutup sekolah dengan memperhatikan kasus harian.

Sebagai contoh, jika ada satu kasus di sekolah, maka sekolah dengan bantuan dinas kesehatan harus segera melakukan tracing, kelas, atau sekolah yang terpapar ditutup sementara, memberitahu pihak-pihak terkait dan melakukan mitigasi kasus.

Pertimbangan untuk menghentikan kegiatan tatap muka dan mengganti dengan kegiatan yang sesuai, berdasarkan hasil keputusan oleh berbagai pihak termasuk orangtua, guru, sekolah, pemerintah daerah, dinas kesehatan dan dinas pendidikan.

Kelas atau sekolah dapat dibuka kembali jika sudah dinyatakan aman.

Baca juga  Belajar dari Kasus Dorce, Ini Tips Atasi Saat Gula Darah Drop

Tinggalkan Komentar