Kata Pakar Kesehatan Soal Tren Kasus Menurun, Maksimalkan Vaksinasi

Kata Pakar Kesehatan Soal Tren Kasus Menurun, Maksimalkan Vaksinasi  - inilah.com

Tren kasus terkonfirmasi positif covid-19 belakangan menurun. Menurut Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah menjelaskan tren penuruan tertinggi tercatat di DKI Jakarta Sampai 93,72 persen. Sebelumnya, menurut Dewi, provinsi di Jawa-Bali tercatat menjadi daerah yang jumlah kasus terkonfirmasi aktifnya tertinggi secara nasional sekitar 60-70 persen.

Gambaran tersebut menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran UI Prof. Tjandra Yoga Aditama harus disyukuri karena jumlah kasus sudah mulai menurun. Meski begitu, masyarakat harus tetap waspada dengan kemungkinan gelombang berikutnya.

“Mudah-mudahan tidak ada atau tidak terlalu berat,” kata Tjandra Yoga kepada INILAHCOM, Jakarta, Kamis, (02/09/2021).

Baca juga  Meme Sri Mulyani Menantang Balik MPR Ada di Instagram 'Mensos'

Masih menurutnya, karena tren kasus menurun, alangkah lebih baik memaksimalkan upaya vaksinasi covid-19 di semua tempat fasilitas kesehatan (faskes) yang ada.

“Baik kalau sekarang dimaksimalkan upaya vaksinasi di semua Puskesmas dan Rumah Sakit yang total mungkin 10 ribuan di Indonesia, sehingga masyarakat lebih mudah dan nyaman mendapat vaksin,” tambah mantan Direktur WHO Asia Tenggara.

Dia menambahkan, ketika menggelar vaksinasi massal harus juga diperhatikan protokol kesehatannya, agar tidak menyebabkan kerumunan.

“Vaksinasi di stadion dan tempat umum lain memang dapat mencakup jumlah besar dalam satu waktu, tetapi ada juga risiko kerumunan orang, belum lagi mungkin harus antri yang kadang-kadang cukup lama pula. Semoga cakupan vaksinasi lengkap kita dapat terus meningkat di waktu-waktu mendatang ini,” ujarnya.

Baca juga  Jerman Kembali Catat Rekor Harian COVID-19

Tinggalkan Komentar