Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

KB Finansia Multi Finance Tawarkan Obligasi Sebesar Rp1 Triliun, Ini Jadwalnya

Selasa, 14 Jun 2022 - 20:06 WIB
KB Finansia Multi Finance Tawarkan Obligasi Sebesar Rp1 Triliun, Ini Jadwalnya
PT KB Finansia Multi Finance/ist

PT KB Finansia Multi Finance menawarkan obligasi I B Finansia Multi Finance tahun 2022 dengan nominal sebesar Rp1 triliun. Rencananya dana tersebut akan perusahaan gunakan untuk penyaluran pembiayaan konsumen.

Direktur Keuangan KB Finansia Multi Finance Kisup Wi mengatakan, langkah perusahaan ini sejalan dengan pulihnya daya beli masyarakat sepanjang 2022 terutama di bidang otomotif. Hal ini sesuai dengan naiknya penjualan mobil sebesar 41,1 persen dibandingkan tahun 2021.

“Kondisi tersebut tentu saja akan berimbas kepada prospek kegiatan usaha PT KB Finansia Multi Finance yang memiliki fokus pada pembiayaan mobil bekas, motor bekas, dan DE&A,” katanya, Selasa (14/6/2022).

Dia menjelaskan, dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Obligasi tersebut setelah dikurangi dengan biaya‐biaya, dan pengeluaran‐pengeluaran sehubungan dengan emisi, akan perusahaan gunakan untuk penyaluran pembiayaan konsumen.

Perseroan tidak melakukan penyisihan dana (sinking fund) untuk Obligasi I KB Finansia Multi Finance dengan pertimbangan untuk mengoptimalkan penggunaan dana sesuai dengan tujuan rencana penggunaan dana hasil Penawaran Umum Obligasi ini.

Baca juga
Untuk Pembiayaan IKN Nusantara, Obligasi Jadi Sarana Menarik Berinvestasi

Mempertimbangkan prospek tersebut, KB Finansia Multi Finance menyelenggarakan penawaran umum obligasi I KB Finansia Multi Finance Tahun 2022 dengan nominal maksimal sebesar Rp 1 trilun.

Obligasi KB Finansia Multi Finance Terdiri dari Dua Seri

Obligasi tersebut akan dibagi dalam dua seri yaitu Seri A dengan besaran kupon 4,60 persen sampai 5,10 persen dan tenor selama 370 hari. Kemudian seri B dengan besaran kupon 6,50 persen sampai 7,00 persen bertenor 3 tahun.

Obligasi akan ditawarkan dalam satuan pemesanan Rp5.000.000. Adapun obligasi ini telah memperoleh peringkat AA+ dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Suku bunga obligasi I KB Finansia Multi Finance akan dibayarkan setiap triwulan. Pembayaran bunga obligasi pertama akan dilakukan pada tanggal 22 Oktober 2022. Sedangkan pembayaran bunga terakhir sekaligus jatuh tempo obligasi masing‐masing adalah pada 2 Agustus 2023 untuk obligasi seri A dan 22 Juli 2025 untuk obligasi seri B.

Baca juga
Berharap Sesuatu yang Baik Terjadi di Hari Terakhir Perdagangan Saham 2021

Namun untuk menjamin pembayaran seluruh jumlah utang yang wajib dibayar oleh Perseroan kepada Pemegang Obligasi, Perseroan memberikan jaminan kepada Pemegang Obligasi, melalui Wali Amanat, berupa piutang (performing) yang merupakan bagian dari asset Perseroan.

Adapun piutang yang dijaminkan merupakan piutang yang tidak terdapat keterlambatan dalam pembayaran pokok dan/atau bunga, melewati 90 hari kalender.

Sedangkan total nilai piutang yang akan diikat dalam akta jaminan fidusia adalah sekurang‐kurangnya 20 persen dari nilai pokok obligasi pada saat tanggal emisi, dan selambat‐lambatnya 5 bulan sejak tanggal emisi obligasi menjadi sekurang‐kurangnya 60 persen dari nilai pokok obligasi.

Dalam aksi ini, KB Finansia Multi Finance mempercayakan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) sebagai Wali Amanat. Sementara yang bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi adalah PT Korea Investment And Sekuritas Indonesia, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM).

Baca juga
BEI: Transaksi Harian Investor Ritel Capai Rp7 Triliun

Berikut periode rencana jadwal Penawaran Umum Obligasi I KB Finansia Multi Finance Tahun 2022:

– 14 ‐29 Juni 2022 : Masa Penawaran Awal Tanggal 14 Juli 2022 : Perkiraan Tanggal Efektif
– 15 ‐ 19 Juli 2022 : Perkiraan Masa Penawaran Umum
– 20 Juli 2022 : Perkiraan Penjatahan
– 22 Juli 2022 : Perkiraan Pengembalian Uang Pemesanan
– 22 Juli 2022 : Perkiraan Tanggal Distribusi Obligasi secara Electronik
– 25 Juli 2022 : Perkiraan Pencatatan pada Bursa Efek Indonesia

 

Tinggalkan Komentar