Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Keasyikan Nonton Bola, Presiden Liberia dan Mantan Bintang AC Milan, George Weah, Dikecam Oposisi

Senin, 05 Des 2022 - 09:02 WIB
Penulis : DSY
Weah Quatar Fils E 1 Scaled E1669908309230 732x419 - inilah.com
Ilustrasi: the africareport.com

George Weah, mantan bintang AC Milan dan peraih Ballon d’Or, dikecam karena menghilang dari tatapan publik dan dianggap lalai dari tugasnya sebagai presiden Liberia. Diduga Weah asyik menyaksikan putranya yang memperkuat AS di Piala Dunia 2022.

Sejak Oktober 2022, Weah melakukan perjalanan keluar negeri. Ia bertemu dengan sejumlah kepala negara, dan terakhir menyaksikan Timothy Weah, putranya, berlaga di Qatar.

George Weah adalah peraih Ballon d’Or yang tidak pernah hadir di Piala Dunia 2022. Seolah ingin menyaksikan suasana itu, Weah membagikan foto dan video dirinya bersama sang putra yang berada di Qatar.

Baca juga
Hasil Liga Italia: AC Milan Balik ke Posisi Dua, Napoli Diselamatkan VAR

Saat timnas AS lolos ke babak sistem gugur, Weah sempat memposting, “Ini soal menjadi ayah yang bangga.”

Weah seolah melupakan tugasnya sebagai presiden. Ia tidak berada Monrovia, ibu kota Liberia, cukup lama. Akibatnya, muncul kritik yang menyebut Liberia berjalan dengan autopilot.

Gambar Weah bersenang-senang di tribun kehormatan Piala Dunia mendapat banyak komentar. Salah satunya mengatakan; “Presiden enak-enakan di Qatar, rakyat berjuang mengatasi kenaikan harga pangan.”

Rekan-rekan seperjuangan Weah juga marah. “Yang ini sudah kelewatan,” ujarAbraham Kaneh kepada AFP. “Dia meninggalkan kita.”

Momo Fully, rekan Weah lainnya, mengatakan; “Dia tidak bekerja untuk rakyat Liberia. Dia lebih suka bekerja untuk putranya. Dia tidak pergi ke Piala Dunia 2022 menjalani tugas negara.”

Baca juga
Tiga Bendera Iran di Piala Dunia Qatar: Satu Versi Provokasi AS

Henry Costa, tokoh media di Liberia, berkelakar tentang Weah. “Dia akan memperpanjang ketidakhadirannya sebagai presiden Liberia jika Timothy Weah, putranya, mencetak gol saat melawan Inggris.”

Timothy Weah lahir di New York dan memiliki dua kewarganegaraan; AS dan Liberia — dua negara yang memiliki hubungan dekat. Liberia adalah negara yang didirikan mantan budak usai Perang Saudara AS.

Banyak orang Liberia mengikuti jejak George Weah, keluar dari Liberia dan mencoba berkarier sepak bola di klub-klub Prancis. Namun, meninggalkan tugas negara hanya untuk menonton pertandingan sepak bola dianggap keterlaluan.

“Weah menghina kecerdasan warga Liberia. Dia menunjukan sikap tidak peduli tingkat tinggi,” kata Leweis Browne, politisi oposisi. [Associated Press]

Tinggalkan Komentar