Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

Kedubes Belarus Diteror Bom, Polisi Usut Pelaku hingga Motif Ancaman

Kamis, 19 Mei 2022 - 20:12 WIB
Penulis : Aria Triyudha
1734968744bom - inilah.com
Ilustrasi anggota penjinak bom. Foto: Antara Foto/M Agung Rajasa

Kedutaan Besar (Kedubes) Belarus untuk Indonesia di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, menerima teror bom melalui email atau surat elektronik, Rabu (18/5/2022). Polisi pun bergerak melakukan penyelidikan mencari pengirim email dan motif ancaman bom tersebut.

“Kita nanti akan lihat sumber ancamannya dari akun mana, tentunya kita akan dalami,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta, Kamis (19/5/2022).

Teror bom ke Kedubes Belarus terungkap melalui email resmi Kedubes Rusia dan Oseanapol dalam bahasa Rusia, Rabu kemarin. Mencuat dugaan pengirim email dalam bahasa Rusia ini bernama Ivan Ivanov.

Baca juga
Foto: Sisa-sisa Kebakaran Pospol Pejompongan yang Dibakar OTK

Zulpan menjelaskan, polisi menanggapi serius ancaman teror tersebut dengan menerjunkan tim penjinak bom ke Kedubes Belarus. Namun, tim penjinak bom yang melakukan penyisiran tidak menemukan benda berbahaya di lokasi.

“Kepolisian sudah melakukan pengecekan ke sana, Tim Jibom (penjinak bom) tidak menemukan adanya bom atau pun bahan peledak yang lain,” terang Zulpan.

Terkait motif, polisi juga melakukan pendalaman. Apakah motifnya hanya iseng atau terdapat pemicu lain.

“Perlu saya sampaikan bahwa tidak dibenarkan dengan latar belakang iseng kita melakukan pengancaman kepada seseorang ataupun pihak tertentu apalagi ini Kedubes negara asing tentunya ini akan menimbulkan suatu ketakutan bagi yang menerima ancaman” ujarnya

Baca juga
Polda Metro Akan Perketat Penggunaan Nopol Kendaraan Khusus

Zulpan memastikan terdapat konsekuensi hukum terkait tindakan teror tersebut. Terlebih teror itu berlangsung kepada perwakilan resmi negara asing di Indonesia.

 

Tinggalkan Komentar