Jumat, 01 Juli 2022
02 Dzul Hijjah 1443

Kedutaan Besar Rusia Gelar Upacara Peringatan Penyerbuan Nazi Jerman pada Perang Dunia II

Rabu, 22 Jun 2022 - 18:21 WIB
Kedutaan BEsar Rusia taman mataram- inilah.com
Upacara 'Hari Peringatan dan Kesedihan' Rusia di Taman Mataram, 22 Juni 2022 - dok Kedubes Federasi Rusia

Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia Lyudmilla Vorobieva menggelar upacara ‘Hari Peringatan dan Kesedihan’ pada 22 Juni 2022.

Hari tersebut untuk memperingati tanggal Nazi Jerman menyerbu Uni Soviet pada Perang Dunia Kedua.

Di Jakarta, Vorobieva melakukan upacara peletakan karangan bunga di depan patung kosmonot Soviet Yuri Gagarin, di Taman Mataram, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022).

Vorobieva membuka acara dengan mengheningkan cipta selama satu menit untuk menghormati 27 juta warga negara Uni Soviet yang gugur selama serangan Nazi Jerman.

Atase Pertahanan Sergey Zhevnovatyy dan wakilnya Sergey Rashevsky memberikan piagam penghargaan kepada para anggota organisasi ‘Polk imeni Gagarina’ atas partisipasi mereka dalam upacara Hari Kemenangan yang diadakan pada 8 Mei, 2022 dan dukungan terhadap operasi militer khusus Rusia di Ukraina.

Baca juga
Kasus COVID-19 Tembus 65 Ribu, Jerman Batasi Pergerakan Orang

Acara ini dihadiri turut hadiri oleh para siswa sekolah Rusia di Jakarta dan sejumlah warga negara Indonesia.

Pada hari ini di musim panas tahun 1941, merupakan perang paling berdarah dan paling mengerikan dalam sejarah Rusia yang melawan Nazi Jerman dan sekutu-sekutunya.

Sementara itu di Rusia, Presiden Vladimir Putin juga menghadiri upacara peringatan serupa. Masih dalam rangka peringatan hari tersebut, Kementerian Pertahanan Rusia juga mengungkap dokumen awal Perang Dunia II, saat Nazi Jerman menyerbu Uni Soviet.

Peringatan serupa juga digelar oleh Belarus dan Ukraina yang ketika itu masih menjadi bagian Uni Soviet.

Tinggalkan Komentar