Kamis, 07 Juli 2022
08 Dzul Hijjah 1443

Kehadiran JK di Rakernas NasDem Perkuat Dukungan Anies

Kamis, 16 Jun 2022 - 18:45 WIB
Screenshot 20220616 181109 - inilah.com
Wakil Presiden ke-12 M Jusuf Kalla saat menjadi pembicara pada Seminar Kebangsaan dalam rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (16/6/2022). Foto: Antara

Kehadiran eks Wapres Jusuf Kalla (JK) dalam Rakernas NasDem memperkuat dukungan agar Gubernur DKI Anies Baswedan diusung sebagai capres pada Pilpres 2024. Apalagi nama Anies berada pada urutan teratas sebagai capres yang diusulkan dari 34 DPW NasDem.

Pengamat politik Ujang Komarudin menilai, sosok JK yang bersahabat dengan Ketum NasDem, Surya Paloh, mempermudah proses komunikasi politik untuk menghadapi Pilpres 2024. Praktis tidak ada hambatan bagi Nasdem untuk mengusung Anies.

“Saya melihatnya ada hubungan dekat, Surya Paloh dengan JK bersahabat. Dan kita tahu JK juga mentor Anies,” kata Ujang kepada Inilah.com, di Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Baca juga
Taufik Sebut Anies Aman untuk Posisi Gubernur, Kalau Pilpres Belum

Direktur Indonesia Political Review melanjutkan, kehadiran JK dalam rakernas memperkokoh dukungan dari pengurus wilayah NasDem yang dominan mengusulkan Anies sebagai capres. Bahkan melampaui dukungan terhadap kader NasDem sendiri.

“Ini kelihatannya Surya Paloh dan JK bisa saja ingin mengusung Anies, karena NasDem tidak bisa berdiri sendiri dalam konteks pencapresan figur tertentu,” ujarnya.

JK hadir dalam rakernas sebagai pembicara kunci. Dalam sambutannya JK menganggap 2022 sebagai tahun politik, bukan tahun yang panas tetapi romantis. Semua parpol mengadakan penjajakan dan berupaya untuk menentukan pilihan terbaik menghadapi 2024.

“Kenapa saya katakan romantis, karena sama dengan orang pacaran, mencari pasangan yang cocok yang memenuhi syarat, dan ini lobi, cari pasangan. Jadi ini tahun mencari pasangan. Begitulah suasana politik kita, kadang-kadang romantis, kadang-kadang keras, kadang-kadang terpilih tetapi ujungnya tentu siapa yang terbaik yang terpilih,” ucap JK.

Tinggalkan Komentar

×