Kamis, 11 Agustus 2022
13 Muharram 1444

Keintiman Gerindra-PKB, PDIP: Partai Punya Strategi Masing masing

Senin, 04 Jul 2022 - 14:47 WIB
Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu - dpr.go.id
Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu - dpr.go.id

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ogah berkomentar tentang jalinan koalisi antara Partai Gerindra dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang semakin intim menjelang Pilpres 2024. Terlebih, para elite kedua partai telah intens menjalin komunikasi politik dan pertemuan untuk terus membangun kecocokan.

“Tentu masing masing parpol punya caranya masing masing, punya strategi masing masing. Tentu kami tidak dalam kapasitas untuk mengomentari dan menilai masing masing strategi dari tiap tiap parpol karena itu adalah otoritas dan kedaulatan dari masing-masing partai,” kata politisi PDIP, Masinton Pasaribu di Jakarta, Senin (4/7/2022).

Sementara, PDIP masih belum ingin menyatakan akan berkoalisi dengan partai politik lain, sebab Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri telah menugaskan Puan Maharani, Prananda Prabowo,dan Hasto Kristiyanto untuk membangun komunikasi dengan sejumlah partai.

Baca juga
Anies Diusung Capres oleh Nasdem, Pengamat: Tinggal Menunggu Waktu

“Komunikasi politik PDIP kepada parpol-parpol lainnya untuk penjajakan kerja sama, komunikasi, itu Bu Megawagi menugaskan Puan Maharani, Prananda, dan Hasto sebagai Sekjen PDIP. Tentu komunikasi itu berjalan antarparpol. Cuma komunikasi itu ada yang sifatnya tidak semua harus dipublish. Jadi kita tunggu saja hasil dari komunikasi-komunikasi oleh DPP partai,” terangnya.

Namun,  Masinton menyebut, komunikasi dan penjajakan yang dilakukan PDIP tak bisa langsung disimpulkan sebagai pembentukan koalisi. Sebab, PDIP ingin mencari kecocokan platform perjuangan dengan partai lain.

“Kalau komunikasi kan nggak semuanya langsung jadi. Penjajakan sama kayak orang pacaran. Say hello atau penjajakan sejauh mana. Karena ini menyangkut aspek kebangsaan, bagaimana menyangkut aspek ideologi, platform dan kesamaan langgam gerak di lapangan. Seperti itu,” tutur Masinton.

Tinggalkan Komentar