Kamis, 07 Juli 2022
08 Dzul Hijjah 1443

Kejahatan Pinjol Tercatat 370 Kasus

Rabu, 13 Okt 2021 - 11:37 WIB
Penulis : Anton Hartono
Kejahatan Pinjol Tercatat 370 Kasus - inilah.com
foto istimewa

Mabes Polri mencatat hingga Oktober 2021 ini jumlah kejahatan pinjaman online (pinjol) sebanyak 370 kasus yang hingga saat ini masih dalam penanganan Bareskrim Polri.

Untuk penanganannya, Bareskrim Polri bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan Kementerian Koperasi dan UKM.

Dari 370 kasus yang ditangani, 91 kasus di antaranya sudah tuntas. “Delapan perkara sudah dilimpahkan ke kejaksaan, 20 perkara diterbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3), 63 perkara henti lidik,” kata Brigjen Helmy Santika, Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri.

Sejatinya terdapat 93 kasus, namun dua kasus sudah cabut laporannya dari pihak pelapor. Hingga saat ini 279 kasus masih dalam proses penyelidikan dan penyidikan.

Baca juga
Proteksi ASN dari Godaan Pinjol, Bank DKI Galakkan KMG

Tak hanya itu, Mabes Polri juga melakukan patroli siber di media sosial dengan berkoordinasi sejumlah kementerian/lembaga terkait. Ini untuk membatasi ruang gerak transaksi keuangan dan penggunaan perangkat keras ilegal.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit memerintahkan untuk memberantas seluruh perusahaan pinjaman online (pinjol) yang tidak resmi atau ilegal. Instruksi itu disampaikan kepada jajarannya sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Bukan hanya didasari instruksi Presiden RI, penindakan tegas terhadap pinjol ilegal ini dilakukan lantaran adanya kasus warga yang bunuh diri setelah tidak kuat dengan lilitan utang di pinjol ilegal.

Tinggalkan Komentar

×