Kamis, 11 Agustus 2022
13 Muharram 1444

Keluarga: Keinginan Tjahjo Kumolo Sudah Terkabul

Jumat, 01 Jul 2022 - 20:27 WIB
Img 0935 - inilah.com
Keluarga Tjahjo Kumolo melepas kepergian almarhum dengan ikhlas. Keinginan almarhum untuk menjadi abdi negara sebelum wafat sudah terkabul. Foto: Inilah.com/Harris Muda

Keluarga almarhum Tjahjo Kumolo mengenang eks Mendagri dan eks Menpan RB itu sebagai figur sempurna. Tjahjo dianggap bukan hanya panutan bagi seorang ayah tetapi juga mentor kehidupan. Malahan keinginannya untuk wafat dengan status abdi negara sudah terkabul.

Mewakili keluarga, menantu almarhum, Detri Warmanto mengungkapkan itu selepas mengantar mendiang dikebumikan di TMP Kalibata, Jakarta, Jumat (1/7/2022), petang. “Bapak selalu bilang, pertama keluarga dan kedua negara. Bapak selalu bilang begitu,” ujarnya.

Detri tidak bisa menutupi rasa kehilangan atas kepergian politisi PDIP itu. Apalagi Tjahjo juga dekat dengan cucu-cucu.

“Bapak adalah sosok ayah yang sebagai panutan bapak bisa menjadi guru dan mentor juga,” katanya.

Baca juga
Tjahjo Kumolo akan Dikebumikan di Blok Z TMP Kalibata

Upacara pemakaman Tjahjo Kumolo yang digelar secara militer dengan Mensesneg Pratikno bertindak sebagai inspektur upacara berlangsung khidmat dan turut dihadiri pejabat negara, kolega dan keluarga. Isak tangis turut mengiringi pemakaman.

“Beliau juga kakek yang baik bagi cucu-cucunya. Kakek yang hangat apalagi kepada anak-anaknya dan juga bisa mengajarkan caranya arti hidup untuk mengajar orang yang kuat dan sabar,” tuturnya.

Tjahyo Kumolo berpulang pada usia 64 tahun selepas menjalani perawatan akibat infeksi paru-paru di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat (1/7/2022) pukul 11.10 WIB. Tjahjo meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

Baca juga
Wapres Ma'ruf Amin hingga Anies Baswedan Salatkan Jenazah Tjahjo Kumolo

Sebelum menjabat Menpan RB, Tjahjo Kumolo menjabat Mendagri pada periode pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tinggalkan Komentar