Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Keluarga Mahsa Amini Gugat Polisi ke Pengadilan Iran

Kamis, 29 Sep 2022 - 19:08 WIB
Mahsa Amini Iran
(foto: AFP)

Keluarga Mahsa Amini menggugat kepolisian Iran yang menahan sang putri hingga meninggal dunia ke pengadilan.

Pengacara keluarga Amini, Saleh Nikbakht, mengatakan bahwa klien mereka sudah mengajukan gugatan tersebut ke pengadilan pada Rabu (28/9/2022).

“Gugatan diajukan terhadap pelaku penangkapan putri mereka,” ucap Nikbakht, seperti diwartakan kantor berita Iran, IRNA.

Melalui gugatan itu pihak keluarga mendesak ‘penyelidikan menyeluruh’ terkait penahanan Amini. Mereka juga ingin aparat menyelidiki peristiwa-peristiwa yang terjadi setelah penahanan itu hingga putrinya dibawa ke rumah sakit dan meninggal dunia.

Nikbakht juga mendesak pihak berwenang merilis ‘semua video dan foto’ ketika Amini berada di tahanan. Ia mengatakan bahwa kantor kejaksaan Iran ‘berjanji kasus ini akan ditangani secara seksama dan semua permintaan kami akan dipertimbangkan’.

Baca juga
Polda Metro Tangkap 48 WNA Asal China dan Vietnam Terkait Pemerasan

Kejaksaan Iran juga memastikan ‘tim medis yang ditunjuk keluarga Mahsa Amini akan diinformasikan’ mengenai perkembangan dan penyelidikan lebih lanjut.

Kematian Amini menarik perhatian dunia. Ia meninggal dunia setelah ditangkap polisi moral karena dianggap tak menggunakan pakaian sesuai aturan, walau ia sudah memakai penutup kepala.

Tak lama setelah kabar ini tersiar, gelombang protes menerjang berbagai wilayah di Iran. Setidaknya 60 orang tewas dalam rangkaian demonstrasi ini.

Api semangat demonstrasi juga merambah ke sejumlah negara lain yang dikenal mengekang kebebasan perempuan, termasuk Afghanistan.

Tinggalkan Komentar