Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

Keluarga Ridwan Kamil Ikhlas Eril Wafat karena Tenggelam

Jumat, 03 Jun 2022 - 12:56 WIB
Penulis : Aria Triyudha
0528 022125 2adc Inilah.com  - inilah.com
Emmeril Khan Mumtadz atau Eril saat berpose bersama sang ayah, Ridwan Kamil. Foto: Instagram

Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengikhlaskan kepergian Emmeril Kahn Mumtadz. Pemuda dengan sapaan akrab Eril ini terseret arus Sungai Aare di Kota Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022). Mei 2022 dan hingga kini belum ditemukan. ​​​​

“Tadi disampaikan otoritas setempat, sudah menggunakan pencarian yang spesifik untuk mencari jenazah. Oleh karena itu Kang Emil dan Bu Atalia sudah menyampaikan mereka ikhlas dan menyakini bahwa Emmeril Kahn Mumtadz ini sudah wafat, berpulang ke Rahmatullah karena tenggelam,” kata kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, kakak kandung Ridwan Kamil, di Kota Bandung, Jumat (3/6/2022).

Erwin menjelaskan, keluarga berkonsultasi dengan pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat pada Kamis malam (2/6/2022). MUI merekomendasikan kepada keluarga segera menunaikan hak Eril sebagai seorang Muslim untuk segera disalatkan setelah meninggal dunia.

Baca juga
Bukan Ahok atau Ridwan Kamil Jadi Otorita IKN, Mantan Petinggi ADB Ini yang Beruntung

“Maka selepas pertemuan ini dengan MUI menyelenggarakan shalat gaib untuk almarhum Emmeril Kahn Mumtadz bin Mochammad Ridwan Kamil,” kata Erwin.

Erwin mengemukakan agar almarhum dimaafkan apabila memiliki kesalahan secara sengaja maupun tidak.

“Dalam kesempatan ini, kami memohonkan maaf atas nama almarhum. Kalau ada kesalahan, kekhilafan, baik disengaja atau tidak, kami mohonkan maafnya. Dan kalau ada hak atau kewajiban almarhum, kami sebagai keluarga (mohon agar) dapat diinformasikan,” ujar Erwin.

Sebelumnya, MUI Provinsi Jawa Barat menyerukan kepada masyarakat Muslim untuk menggelar Salat Gaib, hari ini Jumat (3/6/2022) demi mendoakan putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Baca juga
Paguyuban Pasundan Sarankan Ridwan Kamil Terima Tawaran Jokowi

Imbauan itu tertuang dalam surat edaran MUI Jawa Barat dan dirilis sesaat setelah pihak keluarga Ridwan Kamil menggelar pertemuan di Kantor MUI Jawa Barat, Kamis (2/6/2022).

Surat edaran itu menyebutkan, Ridwan Kamil beserta istri sudah mengikhlaskan sepenuhnya dan meyakini bahwa putranya, Emmeril Kahn Mumtadz sudah meninggal dunia karena tenggelam.

Selain itu, KBRI di Swiss telah menyampaikan pihak otoritas setempat sudah mengubah status pencarian Eril. Awalnya berstatus mencari orang hilang (missing person) menjadi berstatus mencari orang tenggelam (drowned person).

 

Tinggalkan Komentar